Evaluasi Pembelajaran : Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi
Marzo 27, 2023
Ramly Ramly, Muhammad Idrus

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads
Evaluasi Pembelajaran : Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi Image
Abstract

Evaluasi Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang sangat strategis bagi para pendidik (guru), mahasiswa sebagai calon guru, dan semua pihak yang terkait dengan pendidikan. Dengan mempelajari evaluasi pembelajaran, para pendidik (guru) atau calon guru pada umumnya akan lebih memahami bagaimana seharusnya melaksanakan evaluasi pembelajaran yang benar, yang dilaksanakan secara holistik, adil, akuntabel, transparan, dan dapat dipertanggingjawabkan.
Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauhmana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya. Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, di antaranya terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan.
Oleh karena itu, untuk memahami evaluasi pembelajaran secara komprehensif secara garis besar buku ini memuat sepuluh materi pokok yang disajikan secara sistematis, meliputi: (1) Hakikat Belajar dan Pembelajaran, (2) Hakikat Hasil Belajar, (3) Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran, (4) Konsep Dasar Tes Hasil Belajar, (5) Bentuk-bentuk Tes Hasil Belajar, (6) Teknik Pemeriksaan Hasil Tes, Pemberian Skor dan Penentuan Nilai, (7) Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar, (8) Validitas Tes Hasil Belajar, (9) Reliabilitas Tes Hasil Belajar, dan (10) Penilaian autentik (Authentic Assessment). Kesepuluh materi pokok tersebut dijabarkan ke dalam sub-sub materi pokok yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya.
Jika Anda ingin menjumpai pembahasan evaluasi pembelajaran dalam sebuah keutuhan, temukan keutuhan itu dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh analisis kualitas tes hasil belajar siswa, dasar pemahaman konseptual yang ringkas dan padat yang dipadukan dengan pandangan teknis yang komprehensif.
Semoga buku ini bermanfaat!

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Referensi Optimalisasi Kinerja Pegawai
Buku Referensi Optimalisasi Kinerja Pegawai Image
Wawasan Pendidikan: Teori dan Konsep Pengelolaan Pendidikan
Wawasan Pendidikan: Teori dan Konsep Pengelolaan Pendidikan Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads