Buku Ajar Keselamatan Pasien dalam Keperawatan : Disertai Pengaplikasian Pembelajaran Case-Method dan Team-Based Project
Octubre 23, 2023
Andi Baso Tombong

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Buku Ajar Keselamatan Pasien dalam Keperawatan : Disertai Pengaplikasian Pembelajaran Case\u002DMethod dan Team\u002DBased Project Image
Abstract

Keselamatan pasien (patient safety) merupakan salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan dalam pemberian asuhan oleh petugas kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Pemberian pelayanan atau asuhan yang tidak aman dapat menimbulkan cedera yang berujung pada kecacatan atau kematian dimana sebagian besar penyebab cedera/ kerugian yang dialami oleh pasien ini sebenarnya dapat dihindari.

Perawat sebagai salah satu garda terdepan di dalam sistem pelayanan kesehatan tentunya selalu berhadapan dengan pasien. Hal ini berarti bahwa perawat memegang peranan yang sangat vital dalam mewujudkan upaya keselamatan pasien. Oleh karena itu, perawat dan juga petugas kesehatan lainnya diharapkan dapat menumbuhkan dan menerapkan budaya keselamatan pasien dalam praktik asuhan keperawatan dan praktik professional lainnya, dan sebaliknya menjadikan sasaran keselamatan pasien sebagai sebagai budaya kerja sehari-hari.

Buku ini dapat menjadi referensi bagi perguruan tinggi keperawatan atau kesehatan untuk menanamkan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa ataupun pembaca terkait keselamatan pasien. Buku ini disusun dengan mengintegrasikan contoh kasus terkait insiden keselamatan pasien (case-method) serta tema tertentu untuk diselesaikan dengan pembelajaran berbasis proyek yang dikerjakan secara tim (Team-based Project). Selain itu, buku ini juga telah mengikuti Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia Tahun 2021 oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kompetensi yang diharapkan. Selamat membaca.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Ajar Psikologi Industri
Buku Ajar Psikologi Industri Image
Manajemen Risiko (Era Transformasi Digital)
Manajemen Risiko (Era Transformasi Digital)\u0009 Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads