Menuju Kesetaraan: Tinjauan Terkini Tentang Perlindungan Hukum Dan Pemenuhan Hak Untuk Penyandang Disabilitas
Junio 5, 2024
Muh. Sabir Rahman, Andi Darmawansya Tenriliweng

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Menuju Kesetaraan: Tinjauan Terkini Tentang Perlindungan Hukum Dan Pemenuhan Hak Untuk Penyandang Disabilitas Image
Abstract

Buku ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya eksploitasi terhadap penyandang disabilitas. Melalui buku ini, faktor-faktor ekonomi dan faktor lingkungan diidentifikasi sebagai faktor penyebab utama eksploitasi terhadap penyandang disabilitas. Selain itu, undang-undang nomor 8 tahun 2016 dianggap sebagai landasan perlindungan yang komprehensif bagi penyandang disabilitas. Namun, implementasi undang-undang dan pemahaman yang terbatas oleh masyarakat serta lemahnya penegakan hukum menjadi tantangan yang perlu diatasi.
Buku ini menyampaikan rekomendasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak penyandang disabilitas, melalui pendekatan pendidikan dan kampanye yang efektif. Selain itu, penting juga untuk memberikan pelatihan kepada penyedia layanan agar mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas. Selanjutnya, penegakan hukum yang lebih efektif perlu diwujudkan melalui peningkatan kapasitas lembaga penegak hukum dan mekanisme pengawasan yang kuat, serta mendorong pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah penyandang disabilitas yang memberikan penguatan terhadap daerah untuk melakukan pemenuhan hak terhadap kebutuhan asasi penyandang disabilitas
Dengan demikian, buku ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang menyebabkan eksploitasi terhadap penyandang disabilitas dan merumuskan langkah-langkah perlindungan hukum yang lebih efektif dalam mencegah dan mengatasi masalah ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Strategi dan Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Division (STAD) dan Make a Match (MaM)
Strategi dan Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Division (STAD) dan Make a Match (MaM) Image
Manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit
Manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads