Keterampilan Prosedur Kegawatan Jantung
Januari 9, 2023
Dewi Rachmawati

Metrik

  • Eye Icon 42 kali dilihat
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 42 kali dilihat  //  0 downloads
Keterampilan Prosedur Kegawatan Jantung Image
Abstrak

Kegawatan jantung merupakan salah satu penyakit penyebab utama kematian. Kegawatan jantung ini bisa disebabkan karena masalah penyakit arteri koroner, irama jantung atau kelistrikan, penyakit katup jantung dan kemampuan memompa jantung. Gangguan irama jantung ini merupakan jenis komplikasi tersering dari pasien dengan penyakit jantung.
Gangguan irama jantung yang terjadi dapat berupa tachycardia, bradycardia, atrial fibrilasi, blok jantung, ventrikel fibrilasi, ventrikel takikardi serta gangguan irama lainnya yang apabila tidak tertangani bisa jatuh dalam kondisi henti jantung. Karena itu dalam penanganan kegawatan jantung memerlukan pendekatan sistematis untuk melakukan penatalaksanaan dalam rangka penyelamatan nyawa, sehingga dalam memberikan pertolongan harus mengenali anatomi fisiologi jantung dan mengenali tanda dan gejala gangguan jantung untuk memudahkan dalam penanganan kondisi yang mengancam nyawa. Untuk itu peran dan kompetensi perawat dalam penanganan kegawatdaruratan jantung yang benar dan tepat sangat diperlukan untuk menurunkan angka kematian, yang pada akhirnya resiko akibat kegawatan dapat diatasi secara cepat dan kematian dapat dihindarkan.
Buku ini berisi tentang beberapa keterampilan yang harus dikuasai dalam penanganan kegawatdaruratan jantung antara lain keterampilan prosedur pertolongan tachycardia, bradycardia, pediatric advanced life support dan perawatan lanjutan pasca henti jantung.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Metode Penelitian Kesehatan
Metode Penelitian Kesehatan Image
Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas 7 Jilid 1
Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas 7 Jilid 1 Image
šŸ§  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 42 kali dilihat
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 42 kali dilihat  //  0 downloads