Merencana Daya Mesin Kapal
June 5, 2023
Sri Pramono

Metrik

  • Eye Icon 8 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 8 views  //  0 downloads
Merencana Daya Mesin Kapal Image
Abstrak

Mesin induk / Main Engine ( ME ) menghasilkan tenaga sebagai penggerak kapal, tenaga yang dihasilkan dari ME diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar yang terjadi dalam silinder ruang bakar, akan mendorong piston, conecting road, crank shaft menghasilkan gerakan vertikal dan horizontal kemudian ditransmisikan ke bagian poros (shaft) propeller.

Poros (Shaft) merupakan salah satu bagian terpenting dari instalasi penggerak kapal yang berfungsi sebagai penerus tenaga mekanik dari Main Enggine untuk ditansmisikan ke poros (shaft) propeller sehingga dapat menghasilkan tenaga dorong pada kapal oleh karena itu komponen dan poros dirancang dengan melalui suatu perhitungan sesuai beban yang akan dialaminya. Poros (shaft) sangat mempengaruhi kerja mesin dan yang perlu diketahui adalah semua jenis komponen dalam sistem penggerak kapal mengikuti aturan class yang digunakan. Untuk Indonesia misalnya menggunakan Rules Biro Klasifikasi Indonesia ( BKI ) 2016 (Vol III) for Machinery Installations.

Kondisi kapal dalam beroperasi di laut harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan kecepatan dinas (Vs) sesuai perencanaan. Hal ini dapat diartikan bahwa, kapal harus mempunyai rancangan sistem propulsi (penggerak) yang dapat mengatasi seluruh hambatan (resistance) yang terjadi pada kapal waktu beropersi di laut, sehingga standar kecepatan dinas (Vs) kapal dapat tercapai.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Pengantar Laboratorium Medik
Pengantar Laboratorium Medik Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 8 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 8 views  //  0 downloads