Sertifikasi Guru : Langkah Strategis untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan)
August 23, 2023
Novi Sri Sandyawati, Rulam Ahmadi, Sudjak Sudjak, Farasandya Amalia Hapsari

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Sertifikasi Guru : Langkah Strategis untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan) Image
Abstrak

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pendidik (guru), oleh sebab itu guru merupakan faktor utama yang sangat menentukan dalam proses pendidikan. Alasan utamanya adalah karena guru adalah yang berhadapan langsung dengan para peserta didik melalui proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Guru bukan bukan hanya mengajar, melainkan juga mendidik dan membimbing peserta didik. Oleh sebab itu proses pembelajaran dan hasil pembelajaran (pendidikan) dapat dipahami dari tingkat kemampuan atau kepakaran gurunya.
Banyak upaya yang dilakukan oleh para pimpinan sekolah (kepala sekolah/madrasah), tetapi seringkali tidak memberikan hasil yang memuaskan di mana proses dan hasil pembelajaran tidak mengalami perubahan dan perbaikan yang signifikan. Kebijakan pemerintah yang disebut dengan sertifikasi guru merupakan senjata yang cukup handal di mana pemerintah membuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas guru dimulai dari peningkatan kesejahteraan guru, tetapi ini untuk guru pegawai negeri. Nasib guru sekolah/madrasah swasta tergantung pada keberadaan sekolah/madrasahnya apakah dikelola dengan baik atau buruk.
Hajat utama sertifikasi guru adalah peningkatan kualitas guru, namun setelah para guru lulus tersertifikasi dan memperoleh peningkatan pendatan tidak otomatis diimbangi dengan peningkatan kualitas guru. Proses dan hasil pembelajaran yang dikelola oleh guru tersertifikasi masih menunjukkan gejala yang memprihatinkan di mana kualitas dan hasil pembelajaran masih buruk dan rendah. Namun demikian, sertifikasi guru ini masih menjadi senjata pemerintah untuk mengontrol dan membina guru dengan harapan guru semakin sadar akan tanggung jawabnya untuk memperbaiki kualitas diri sehingga menunjang peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Dengan demikian pemerintah beruntung dan pembangunan pedidikan semakin meningkat secara berkesinambungan, yang semuanya bermuara pada berhasilnya pembangunan nasional.
Buku yang berjudul “Sertifikasi Guru, Usaha Meningkatkan Kualitas Pendidikan” ini lahir untuk berkontribusi dalam rangka menambah wawasan, pemikiran, dan pengalaman pada para guru dan juga sebagai masukan yang bermanfaat bagi pemerintah untuk terus menjalankan kebijakan tentang sertifikasi gru yang lebih baik.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Pengantar Hotel dan Restoran
Pengantar Hotel dan Restoran Image
Psikologi Kognitif
Psikologi Kognitif Image
Konseling Karier di Era Digital
Konseling Karier di Era Digital Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads