Filsafat dan Nilai-Nilai Pancasila
Dezembro 28, 2021
I. Made Sila, I. Made Sutika, I. Nengah Sudiarta

Metrics

  • Eye Icon 126 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 126 views  //  0 downloads
Filsafat dan Nilai\u002DNilai Pancasila Image
Abstract

Pancasila sebagai dasar, falsafah dan ideologi negara tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Karena sejarah telah membuktikan bahwa setiap kita mengingkari nilai-nilai Pancasila bangsa Indonesia mengalami perpecahan dan berdebatan yang berkepanjangan dan begitu kita kembali kepada Pancasila, maka perbedaan suku bangsa, ras, agama dan budaya dapat disatukan kembali, dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia
Namun pemahaman Pancasila sebagai falsafah bangsa , masihlah sangat abstrak, dan universal yang sangat sulit untuk dipahami dan diterjemahkan, maka perlu dijabarkan lebih lanjut dalam ideologi Pancasila, dengan demikian nilai nilai filsafat Pancasila dapat memberikan arah dan motivasi, dapat dijadikan tuntunan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai ideologi memberikan harapan-harapan yang ideal untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
Nilai nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila , secara realitas memang ada dan telah berkembang dalam masyarakat Indonesia dari jaman ke jaman. Sedangkan secara ideal nilai -nilai Pancasila tersebut adalah paling cocok, paling sesuai bagi bangsa Indonesia dan dapat mempersatukan segala perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia dapat bersatu teguh dalam kebhinekaan untuk mewujudkan tujuan bersama. Nilai nilai Pancasila tersebut dapat mengikuti perkembangan dan dinamika masyarakat Indonesia yang sedang berproses dari jaman ke jaman dalam mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara.
Namun dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat masih banyak yang menyangsikan kebenaran nilai-nilai Pancasila tersebut. Kalangan masyarakat umum , generasi muda milenial dan para politikus, bahkan aparat negara masih banyak belum dapat menerima kebanaran tersebut. Karena itulah dalam bab petutup sengaja penulis paparkan pembuktian bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila adalah nilai-nilai yang memiliki kebenaran yang dapat dibuktikan dan diuji dalam baik dalam perspsektif ilmiah maupun filosofis. Harapan penulis dengan meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila, akan timbul rasa cinta pada nilai nilai Pancasila, dan akhirnya ada niat dari lubuk hati untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut mau membela dan mampu mempertahankan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Terapi Biologi dan Modalitas dalam Kehamilan
Terapi Biologi dan Modalitas dalam Kehamilan Image
Pengantar Akuntansi 1
Pengantar Akuntansi 1 Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 126 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 126 views  //  0 downloads