Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Strategi
Maio 8, 2023
Abdul Bahits, Bambang Dwi Suseno, Edi Muhammad Abduh Alhamidi, Fatari Fatari, Ahmad Mukhlis + 7 more authors

Metrics

  • Eye Icon 198 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 198 views  //  0 downloads
Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Strategi Image
Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management) merupakan dialetika pemikiran, temuan riset dan praksis pada berbagai organisasi di belahan dunia. Bukan hanya organisasi bisnis yang telah menjadi pelopor praksis yang karena terbukti efektivitasnya kemudian diikuti oleh organisasi pemerintahan, bahkan organisasi nirlaba sekalipun.
MSDM berfokus pada kebijakan, metode dan sebagian besar berkaitan dengan pengelolaan orang-orang di dalam organisasi. Pada praksisnya Departemen/Divisi SDM bertanggung jawab atas desain fungsi–fungsi MSDM seperti tunjangan karyawan, seleksi karyawan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan manajemen penghargaan, serta mengelola sistem gaji dan tunjangan.
Pada sisi lainnya generalis SDM atau mitra bisnis berada di sisi lainnya. Spesialis SDM ini dapat melayani dalam berbagai kapasitas atau sebagai perwakilan hubungan kerja untuk pekerja yang berserikat. Pada praksis lebih lanjut maka terjadi pergeseran orientasi dan dukungan temuan riset terbaru saat itu terutama akibat dari arus globalisasi, konsolidasi perusahaan, kemajuan teknologi, dan penelitian tambahan, sekarang berfokus pada inisiatif strategis seperti merger dan akuisisi, manajemen bakat, perencanaan suksesi, hubungan industrial dan tenaga kerja, keragaman dan inklusi. Maka periode ini mulai terjadi pertukaran pemikiran dan pengarus utamaan MSDM. Terlebih lagi pada praksis perusahaan global (Multinational Company) saat ini, sebagian besar bisnis berfokus pada meminimalkan pergantian karyawan dan mempertahankan bakat dan pengetahuan karyawan mereka. Karena bagaimanapun perekrutan SDM baru tidak hanya membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi juga meningkatkan kemungkinan bahwa karyawan baru mungkin tidak dapat mengisi posisi karyawan sebelumnya dengan tepat.
Buku ini berisi bab yang membahas tentang Konsep Dasar Manajemen, Human Capital Management, Perencanaan SDM, Seleksi SDM, Orientasi dan Penempatan SDM, Manajemen Pelatihan, Pengembangan SDM, Kompensasi, Sistem Informasi SDM, Manajemen K3, Trends Work-Life Balance dan Tantangan MSDM Di Era VUCA.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Prediabetes
Prediabetes Image
Memahami Generasi Alpha
Memahami Generasi Alpha Image
Manajemen Keperawatan
Manajemen Keperawatan Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 198 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 198 views  //  0 downloads