Terapi Uap Minyak Kayu Putih untuk Mengatasi Bersihan Jalan Nafas dalam Asuhan Keperawatan Anak dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)
Dezembro 15, 2023
Deswita Deswita, Since Olivia Rut Rumatray, Ira Mulya Sari

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Terapi Uap Minyak Kayu Putih untuk Mengatasi Bersihan Jalan Nafas dalam Asuhan Keperawatan Anak dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Image
Abstract

Penyakit ISPA lebih sering terjadi pada anak-anak, dari hasil pengamatan epidemiologi yang mana angka kesakitan lebih banyak terjadi pada. Tanda dan gejala yang biasa ditemui pada anak dengan infeksi saluran pernafasan yaitu demam, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan nyeri. Jika gejala yang muncul pada penyakit ISPA tidak ditangani dengan segera, maka penyakit ISPA akan menyebar ke seluruh sistem pernafasan yang mengakibatkan munculnya gangguan pernafasan yang mana tubuh tidak akan mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Pada pasien ISPA mengalami batuk, sputum berlebih, kesulitan dalam mengeluarkan sekret akan menyebabkan jalan napas pasien menjadi tidak efektif. Selain itu, komplikasi pada ISPA yaitu sinusitis, laringitis, kejang dan mencapai jaringan paru yang mengakibatkan terjadinya pneumonia.
Terapi inhalasi merupakan suatu pemberian terapi secara inhalasi (hirupan) ke dalam saluran respiratori atau pernafasan. Terapi inhalasi sederhana dapat digunakan karena bekerja cepat dan langsung pada organ yang dituju serta tidak menimbulkan efek samping pada tubuh. Selain itu, terapi inhalasi sederhana memiliki keuntungan yaitu lebih mudah digunakan, biaya yang terjangkau dan dapat dilakukan dalam lingkungan keluarga. Salah satu terapi inhalasi sederhana yang bisa dilakukan pada anak dengan infeksi saluran pernafasan akut yaitu terapi uap menggunakan minyak kayu putih.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Dasar-Dasar Wawasan Kewirausahaan
Dasar\u002DDasar Wawasan Kewirausahaan Image
Akuntansi Perkebunan Berdasarkan SAK Entitas Privat
Akuntansi Perkebunan Berdasarkan SAK Entitas Privat Image
Ekonometrika Model & Aplikasi
Ekonometrika Model \u0026 Aplikasi Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads