Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
October 1, 2021
Hadi Witono

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Image
Abstract

Pembelajaran merupakan suatu istilah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam proses pendidikan. Pembelajaran seharusnya merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana menyenangkan atau memberikan pelayanan yang baik pada peserta didik saat belajar. Untuk itu, harus dipahami bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses transfer pengetahuan, maka guru akan dapat menentukan model, pendekatan, metode, strategi, teknik, dan taktik pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya. Sayangnya masih banyak guru atau pendidik yang tidak paham dengan perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, model, teknik dan taktik dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran, metode diperlukan untuk guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila ia tidak menguasai satupun metode mengajar yang telah dirumuskan.
Untuk pendidikan agama Islam, terdapat tiga metode, yaitu metode Pemahaman, metode Penyadaran, dan metode Praktik atau Amaliyah. Ketiganya saling terkait, dimulai dari pemahaman materi, kemudian penyadaran akan pentingnya materi itu, dan akhirnya mempraktikan atau mengamalkan suatu materi yang telah dipelajarinya.
Buku ini sebagai penuntun untuk aplikasi berbagai metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar di madrasah atau sekolah. Dan tentunya buku ini layak dimiliki oleh guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dan dosen.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads