Pengembangan Desa Agrowisata di Kampung Heberima, Kecamatan Asotipo Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua
October 20, 2021
Dominikus Wetapo, Wetepina Heluka, Marsel Matuan, Kaiben Kogoya, Endius Tabuni + 13 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pengembangan Desa Agrowisata di Kampung Heberima, Kecamatan Asotipo Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Image
Abstract

Buku ini merupakan buku tentang perencanaan pengembangan Desa Agrowisata di kampung Heberima Kecamatan Asotipo, Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Buku ini berisi tentang peluang, potensi serta strategi dalam pengembangan desa agrowiata atau lebih dikenal dengan wisata pertanian. Agrowisata merupakan gabungan antara pariwisata dan pertanian yang memanfaatkan potensi lingkungan atau mengubah lahan menjadi lebih produktif yang bertujuan untuk meningkatkan pereknomian serta kesejahteraan masyarakat.
Pengembangan desa agrowisata di Kampung Heberima Kecamatan Asotipo, Kabupaten Jayawijaya merupakan salah satu langkah awal yang digalakkan melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) BEM STIPER Petra Baliem Wamena. Pengembangan ini berlandaskan atas masalah yang ditemui dilapangan melalui proses pemberdayaan masyarakat desa menjadi masayarakat yang lebih mandiri dalam pengembangan agrowisata.
Agrowisata atau wisata pertanian didefinisikan sebagai rangkain aktivitas perjalanan wisata yang memanfaatkan lokasi atau sektor pertanian mulai dari awal produksi hingga diperoleh poduk pertanian dalam berbagai sistem dan skala dengan tujuan memperluas pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan rekreasi di bidang pertanian melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat agrowisata merupakan proses mengikutsertakan peran dan aspirasi masyarakat pedesaan selaras dengan pendayagunaan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilikinya.

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads