Manajemen Sumber Daya Manusia
January 6, 2022
Encep Saefullah, Arta Rusidarma Putra, Gatot Hartoko

Metrics

  • Eye Icon 24 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 24 views  //  0 downloads
Manajemen Sumber Daya Manusia Image
Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management) merupakan dialetika pemikiran, temuan riset dan praksis pada berbagai organisasi di belahan dunia. Bukan hanya organisasi bisnis yang telah menjadi pelopor praksis yang karena terbukti efektivitasnya kemudian diikuti oleh organisasi pemerintahan, bahkan organisasi nirlaba sekalipun.
MSDM berfokus pada kebijakan, metode dan sebagian besar berkaitan dengan pengelolaan orang-orang di dalam organisasi. Pada praksisnya Departemen/Divisi SDM bertanggung jawab atas desain fungsi–fungsi MSDM seperti tunjangan karyawan, perekrutan karyawan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan manajemen penghargaan, serta mengelola sistem gaji dan tunjangan.
Departemen SDM juga berurusan dengan perubahan organisasi dan hubungan kerja, atau penyeimbangan praktik organisasi dengan kewajiban yang dibebankan oleh perundingan bersama dan peraturan pemerintah. Tujuan keseluruhan dari MSDM adalah untuk memastikan bahwa keberhasilan organisasi didasarkan pada orang-orangnya. Hal ini dicapai melalui pelatihan, tinjauan kinerja, dan program insentif. Hubungan karyawan menangani masalah karyawan ketika kebijakan dilanggar, seperti dalam kasus pelecehan atau diskriminasi. Mengembangkan struktur kompensasi, program cuti orang tua, diskon, dan tunjangan karyawan lainnya adalah bagian dari pengelolaan tunjangan karyawan.
Pada sisi lainnya generalis SDM atau mitra bisnis berada di sisi lainnya. Spesialis SDM ini dapat melayani dalam berbagai kapasitas atau sebagai perwakilan hubungan kerja untuk pekerja yang berserikat. Pada praksis lebih lanjut maka terjadi pergeseran orientasi dan dukungan temuan riset terbaru saat itu terutama akibat dari arus globalisasi, konsolidasi perusahaan, kemajuan teknologi, dan penelitian tambahan, sekarang berfokus pada inisiatif strategis seperti merger dan akuisisi, manajemen bakat, perencanaan suksesi, hubungan industrial dan tenaga kerja, keragaman dan inklusi. Maka periode ini mulai terjadi pertukaran pemikiran dan pengarus utamaan MSDM. Terlebih lagi pada praksis perusahaan global (Multinational Company) saat ini, sebagian besar bisnis berfokus pada meminimalkan pergantian karyawan dan mempertahankan bakat dan pengetahuan karyawan mereka. Karena bagaimanapun perekrutan SDM baru tidak hanya membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi juga meningkatkan kemungkinan bahwa karyawan baru mungkin tidak dapat mengisi posisi karyawan sebelumnya dengan tepat.
Buku ini berisi bab yang membahas tentang MSDM secara umum, Manajemen Modal Manusia (Human Capital Management), Strategik MSDM, Manajemen Pengembangan Karyawan, Perekrutan MSDM, Analisis Pekerjaan, Manajemen Karir, Kompetensi Kerja, Manajemen Kompensasi, SDM dan Internasionalisasi Bisnis dan Hak Pekerja, Keamanan Kerja dan Disiplin.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Konsep Dasar Keperawatan: Holistik, Humanistik, dan Profesional
Konsep Dasar Keperawatan: Holistik, Humanistik, dan Profesional Image
Decoding Pediatric Hepatitis : A Nurse's Handbook
Decoding Pediatric Hepatitis : A Nurse\u0027s Handbook Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 24 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 24 views  //  0 downloads