Membangun Sistem Pakar Penyakit yang dialami pada Ibu Hamil Berbasis Website Menggunakan Metode Forward Chaining
June 21, 2022
Muhammad Nadif Febriyansyah, Mohammad Imam Shalahudin, Fajar Septian

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Membangun Sistem Pakar Penyakit yang dialami pada Ibu Hamil Berbasis Website Menggunakan Metode Forward Chaining Image
Abstract

Seiring perkembangannya zaman, untuk memperoleh informasi tentang penyakit pada ibu hamil sangat mudah didapatkan. Salah satunya melalui teknologi komputer, meskipun pada awalnya komputer hanya digunakan sebagai alat hitung saja. Saat ini dengan teknologi komputer dapat mengetahui atau mendiagnosis tentang penyakit-penyakit pada ibu hamil, salah satunya adalah sistem pakar.
Sistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar biasanya digunakan untuk konsultasi, melakukan analisis dan diagnosis serta membantu untuk pengambilan keputusan dan lain-lain. Salah satu implementasi sistem pakar adalah mendiagnosis penyakit pada ibu hamil, dengan melihat berbagai gejala yang mengiringi penyakit yang dialami ibu hamil.
Dengan sistem pakar, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Tujuan pengembangan sistem pakar sebenarnya tidak untuk menggantikan peran para pakar, namun untuk mengimplementasikan pengetahuan para pakar ke dalam bentuk perangkat lunak, sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dan tanpa biaya yang besar.
Salah satu teknik inferensi yang sering digunakan dalam sistem pakar adalah metode forward chaining. Forward chaining atau sering juga disebut bottom-up reasoning adalah cara penarikan kesimpulan yang dimulai dengan data atau fakta yang ada lalu bergerak maju melalui premis-premis untuk menuju ke kesimpulan. Pada teknik ini data digunakan sebagai penentu aturan mana yang harus dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Teknik Forward Chaining merupakan teknik yang sering
digunakan untuk proses inferensia yang memulai penalarannya dan sekumpulan data menuju kesimpulan yang dapat ditarik. Teknik Forward Chaining yaitu metode penalaran yang bergerak dan IF part menuju THEN part.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Akuntansi Keuangan Daerah : Pendekatan Berbasis Akrual
Akuntansi Keuangan Daerah : Pendekatan Berbasis Akrual Image
Kurikulum dan Desain Pembelajaran
Kurikulum dan Desain Pembelajaran Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads