Buku Referensi Perancangan Pembelajaran SAINS Berbasis Unsur Lokal
December 7, 2022
Jeane Verra Tumangkeng

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads
Buku Referensi Perancangan Pembelajaran SAINS  Berbasis Unsur Lokal Image
Abstract

Buku ini merupakan produk penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa. Dihasilkan melalui proses: identifikasi dan deskripsi kearifan local, identifikasi dan analisis konsep-konsep sains dan matematika, perumusan jejaring konsep dan pemetaan konsep, deskripsi materi untuk jenjang SMP/SMA dan analisis posisi materi (konsep sains dan matematika) dalam struktur kurikulum 2013.
Buku ini memuat beberapa tema yang berkaitan dengan kearifan local, meliputi alat music tradisional, bentuk-bentuk pemanfaatan sumberdaya alam, produksi pangan/ekonomi, kerajinan. Buku ini menjadi referensi penting dalam pengembangan/perancangan materi pembelajaran tematik. Berdasarkan hubungan konsep dengan kearifan local, rumusan jejaring konsep dan uraian materi dalam buku ini, guru atau peneliti dapat merancang alternatif metode atau model pembelajaran yang menitik-beratkan proses sains. Rancangan kegiatan belajar yang didasarkan pada materi pembelajaran dalam buku ini, dimungkinkan untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Materi dan kegiatan belajar dengan obyek kearifan local ini dapat menumbuhkan nilai-nilai dan sikap siswa/ generasi muda dalam pelestarian kekayaan budaya masyarakat Sangihe.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Image
Pengantar Sosiologi
Pengantar Sosiologi\u0009 Image
Peningkatan Alternative Resources Metabolit Sekunder Alami melalui Olahan Teki Ladang Berbasis Lontarak Herbs Plants
Peningkatan Alternative Resources Metabolit Sekunder Alami melalui Olahan Teki Ladang Berbasis Lontarak Herbs Plants Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads