Laju Reaksi Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics)
June 24, 2023
Susilawati Amdayani, Ratu Evina Dibyantini, Makharany Dalimunthe

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Laju Reaksi Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Image
Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah menuntun manusia untuk berpikir lebih maju dalam segala hal, termasuk dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi ini mendorong dunia pendidikan untuk selalu berupaya melakukan pembaharuan dan memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses pembelajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran yang berkualitas diperlukan suatu bahan ajar. Bahan ajar merupakan sumber belajar yang sangat penting untuk mendukung tercapainya kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran.

Materi pembelajaran kimia erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Materi Laju Reaksi melatih mahasiswa untuk mengamati fenomena Laju Reaksi dalam kehidupan sehari-hari dan diajak untuk merancang serta melakukan percobaan. Laju reaksi merupakan pokok bahasan yang mempelajari tentang teori tumbukan, perhitungan laju suatu reaksi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia. Secara umum, materi yang terdapat pada pokok bahasan Laju Reaksi bersifat abstrak seperti teori tumbukan. Selain itu, Sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada pokok bahasan Laju Reaksi perlu diajarkan melalui pengamatan dan praktikum, dengan demikian siswa akan terpacu untuk berpikir kreatif.

Bahan ajar berbasis STEM adalah bahan ajar yang mengintegrasikan disiplin ilmu terkait. Pembelajaran bidang eksakta Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika dapat terjadi melalui STEM yakni pembelajaran antar ilmu pengetahuan untuk mempelajari konsep akademis yang dipadukan dengan dunia nyata sebagai pengaplikasian bidang tersebut. Pada pembelajaran STEM mahasiswa dituntut untuk memecahkan masalah, membuat pembaruan, menemukan/merancang hal baru, memahami diri, melakukan pemikiran logis serta menguasai teknologi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Limbah Tanaman, Tekstil & Lingkungan "Profil, Karakteristik dan Teknologi Pengolahannya”
Limbah Tanaman, Tekstil \u0026 Lingkungan \u0022Profil, Karakteristik dan Teknologi Pengolahannya” Image
Pengantar Komunikasi Kesehatan
Pengantar Komunikasi Kesehatan Image
Monograf Cegah Stunting dengan MP-ASI Berbahan Dasar Lokal
Monograf Cegah Stunting dengan MP\u002DASI Berbahan Dasar Lokal Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads