Kepemimpinan Pendidikan : Responsive Gender dalam Perspektif Pendidikan Nonformal
October 26, 2023
Ari Putra, Citra Dwi Palenti

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Kepemimpinan Pendidikan : Responsive Gender dalam Perspektif Pendidikan Nonformal Image
Abstract

Kepemimpinan Pendidikan Responsif Gender dalam perspektif pendidikan nonformal adalah kajian kepemimpinan yang mempertimbangkan peran penting gender dalam konteks pendidikan di luar lembaga formal, seperti program-program pelatihan, pendidikan masyarakat , dan kegiatan pendidikan komunitas.
Kajian Kepemimpinan Pendidikan Responsif Gender dalam pendidikan nonformal berfokus pada:
Mengintegrasikan kesadaran akan isu-isu gender ke dalam desain program pendidikan nonformal. Ini melibatkan memastikan bahwa baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari program tersebut.
Kepemimpinan yang responsif gender membantu mengatasi stereotip dan norma gender yang mungkin hadir dalam masyarakat. Ini menciptakan lingkungan di mana setiap individu dapat mengembangkan potensi mereka tanpa batasan yang ditetapkan oleh peran gender tradisional.
Kepemimpinan pendidikan nonformal yang responsif gender berusaha untuk memberdayakan perempuan melalui pendidikan. Ini bisa berarti memberikan keterampilan, pengetahuan, dan dukungan yang diperlukan agar perempuan dapat mengambil peran aktif dalam masyarakat.
Pemimpin dalam konteks ini juga perlu mendorong partisipasi aktif komunitas dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan nonformal. Ini memastikan bahwa program-program tersebut relevan dan mendukung kebutuhan nyata masyarakat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Tetap Aman Ber KB Untuk Ibu Hipertensi
Tetap Aman Ber KB Untuk Ibu Hipertensi Image
Buku Ajar Komunikasi Bisnis
Buku Ajar Komunikasi Bisnis Image
šŸ§  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads