Tata Kelola Administrasi Desa : Langkah-Langkah Menuju Pemerintahan yang Lebih Baik
November 18, 2023
Tomy Rizky Izzalqurny, Rifaldy Adinandra Ferdiansyah, Tri Febrianti

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Tata Kelola Administrasi Desa : Langkah\u002DLangkah Menuju Pemerintahan yang Lebih Baik\u0009 Image
Abstract

Tata kelola administrasi desa yang baik merupakan hal yang penting demi mencapai tujuan pemerintahan pada tingkat desa. Hal ini dikarenakan tata kelola administrasi yang baik memiliki sejumlah dampak positif bagi desa, mulai dari meningkatkan kualitas pelayanan publik sampai dengan mendukung pembangunan berkelanjutan. Melihat pentingnya tata kelola administrasi desa, sehingga perlu pemahaman yang baik terkait dengan langkah-langkah menuju pemerintahan yang lebih baik.
Sebelum melangkah lebih jauh, tahap awal yang penting menuju pemerintahan yang baik adalah melakukan evaluasi terhadap administrasi desa serta memahami transparansi dan akuntabilitas dari administrasi desa. Transparansi dan akuntabilitas yang kuat adalah landasan yang penting dalam memastikan pemerintahan desa yang lebih baik. Tidak hanya itu, partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan peningkatan kapasitas pegawai administrasi desa adalah salah satu pilar utama tata kelola administrasi desa yang baik. Pegawai administrasi desa yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas mereka dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.
Pada era digital seperti saat ini, teknologi juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung tercapainya pemerintahan yang baik pada tingkat desa terutama berkaitan dengan tata kelola administrasinya. Penerapan teknologi dalam pemerintahan atau yang biasa disebut dengan e-government merupakan pendorong utama efisiensi dan transparansi dalam administrasi publik di seluruh dunia. Namun, penerapan dari e-government di desa ini tentunya memerlukan pengetahuan dan langkah yang tepat serta hal-hal eksternal lainnya seperti infrastruktur, pengembangan aplikasi, pelatihan pegawai, dan sebagainya.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Perilaku Konsumen
Perilaku Konsumen Image
Near Field Communication (NFC) Untuk Sistem Recording Data
Near Field Communication (NFC) Untuk Sistem Recording Data Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads