Perspektif Dinamika Pendidikan dalam Merdeka Belajar)
October 6, 2023
Maryam Sulaeman, Nur Irsyadiah, Fatimah Fatimah, Mulki Siregar, Nadiah Nadiah + 20 more authors

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads
Perspektif Dinamika Pendidikan dalam Merdeka Belajar) Image
Abstract

Buku ini menyajikan persoalan-persoalan pendidikan yang terjadi di Lembaga Pendidikan Manba’ul ‘Ulum Cirebon yang terdiri dari beberapa penomena yang terjadi dalam pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah penerapan konsep diri dan kontrol prilaku dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil yang didapat baik untuk penerapan konsep diri dan kontrol prilaku menunjukkan hasil adanya pengaruh yang signifikan positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Selanjutnya dalam penerapan pendidikan berbasis karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di era 5.0 dapat disimpulkan penerapan pendidikan berbasis karakter mempunyai hasil yang signifikan positif dalam pembentukan karakter holistik peserta didik.
Dalam penemuan lainnya tentang efektifitas penilaian autentik terhadap pembentukan karakter peserta didik ditemukan hasil besarnya Pengaruh Penilaian Autentik (Variabel X) Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Variabel Y) tergolong kuat atau tinggi dengan angka sebesar 0,797 atau 80%.
Dalam bab selanjutnya bagaimana peran organisasi ikatan santri Manba’ul ‘Ulum Cirebon dalam meningkatkan soft skill diantaranya adalah; meningkatkan leadership, komunikasi, penyelesaian masalah, manajemen waktu, menyelesaikan konflik, dan kemandirian santri.
Selanjutnya, dilihat dari implementasi kurikulum merdeka belajar yang diterapkan di Lembaga Pendidikan Manba’ul ‘Ulum Cirebon dengan menggunakan analisis SWOT dapat disimpulkan Pertama, dalam assessment penilaian sudah dilaksanakan dengan baik dalam implementasi kurikulum yang baik, namun masih adanya guru-guru yang melakukan assesment dalam bentuk penilaian angka saja. Kedua, kedepannya sistem kebijakan zonasi menjadi peluang dapat meningkatkan kualitas peserta didik daerah dengan baik. Yang terakhir adalah dibutuhkan evaluasi dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan kurikulum yang telah dilaksanakan.
Bab lainnya membahasa tentang tingkat pemahaman nilai-nilai esoteris dalam upaya peningkatan kinerja guru di pondok pesantren di temukan hasil menunjukkan bahwa meskipun guru di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Kec. Sumber Kab. Cirebon memiliki keterbatasan dalam beberapa hal namun mereka sudah memiliki pemahaman nilai-nilai esoteris yang baik sehingga totalitas kinerja mereka meningkat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
English
English Image
Membujang Dalam Pandangan Islam
Membujang Dalam Pandangan Islam  Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads