Teori Komunikasi : Proses, Tatanan dan Fungsi Teori Komunikasi dalam Penelitian
March 6, 2024
Edison Hutapea

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Teori Komunikasi : Proses, Tatanan dan Fungsi Teori Komunikasi dalam Penelitian Image
Abstract

Komunikasi menjadi salah satu kebutuhan manusia yang hakiki (dasar), dan sekaligus sarana penyampaian gagasan dan isi kepala kepada orang lain. Komunikasi adalah suatu proses, bukan sesuatu yang bersifat statis. Sehingga komunikasi memerlukan tempat, dinamis, menghasilkan perubahan dalam usaha mencapai hasil, melibatkan interaksi bersama, serta melibatkan suatu kelompok. Pada proses Interaksi, komunikasi telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Menurut "W. Weaves” Komunikasi adalah semua prosedur dimana pikiran seseorang dapat mempengaruhi orang lain. Kemudian Hovland, Janls & Keley (1953) mendefinisikan komunikasi adalah suatu proses dimana kita dimengerti oleh mereka. Ini dinamis, berubah secara konstan dan membagi respons untuk situasi yang total. (Ardianto dan Bambang Q-Anees, 2009:18 dari Appendix A of Dance and Larson dan Miller, 2002:4).
Menurut Effendy (1989:63-64), proses komunikasi adalah; berlangsungnya penyampainan informasi ide, informasi, opini, kepercayaan, perasaan dsb oleh komunikator kepada komunikan dengan lambang misalnya bahasa, gambar, warna yang merupakan isyarat Menurut B. Aubrey fisher (1986:139-320) dan (dikutip oleh Rosmawaty H.P., S.Sos.M.,T, 2010:20), yaitu yang diambil dalam proses komunikasi dalam perspekaťif interaksional yang secara tidak langsung dikembangkan dari cabangi Imu sosiologi, yang saat ini dikenal dengan istilah “interaksi simbolik”.
Buku ini mencoba merangkum berbagai sumber referensi utama tentang fungsi, tatanan dan fungsi Teori Komunikasi dalam suatu penelitian. Dengan demikian maeri-materinya dapat dipakai dan bermanfaat dalam suatu penelitian, begitu juga diharapkan buku ini dapat dipakai untuk melandasi kaijan komunikasi yang dilakukan di perguruan tinggi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Aktivitas Pengembangan Bakat Olahraga pada Masa Kecil
Aktivitas Pengembangan Bakat Olahraga pada Masa Kecil Image
Manajemen Promosi Kesehatan
Manajemen Promosi Kesehatan Image
Etos Kerja Kaum Tarekat
Etos Kerja Kaum Tarekat Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads