Prototipe Tegangan Rendah : Penggunaan Motor Satu Fasa dan Tiga Fasa Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Teknik Elektro
February 13, 2024
Sunardi Sunardi, Wahyu Nugroho

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Prototipe Tegangan Rendah : Penggunaan Motor Satu Fasa dan Tiga Fasa Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Teknik Elektro Image
Abstract

Buku ini bertujuan untuk menginvestigasi dan membandingkan kinerja motor listrik satu fasa dan tiga fasa menggunakan prototipe tegangan rendah di laboratorium Teknik Elektro Universitas Pamulang. Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, pemahaman yang mendalam tentang karakteristik motor listrik sangat penting, terutama dalam konteks tegangan rendah yang umumnya digunakan dalam aplikasi sehari-hari.
Buku ini merancang dan mengimplementasikan prototipe tegangan rendah yang dapat mensimulasikan berbagai kondisi operasional untuk motor satu fasa dan tiga fasa. Prototipe ini akan dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih untuk mengukur dan merekam parameter-parameter kritis seperti tegangan, arus, daya, dan efisiensi.
Eksperimen akan dilakukan dengan menggunakan motor satu fasa dan tiga fasa pada berbagai beban dan kecepatan untuk mengevaluasi performa keduanya. Analisis data akan mencakup efisiensi energi, faktor daya, dan respons dinamis motor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang keunggulan dan kelemahan masing-masing jenis motor dalam konteks aplikasi tegangan rendah.
Dasar utama faktor daya rendah dalam sistem tenaga listrik adalah motor induksi yang beroperasi di bawah kapasitas pengenal. Oleh karena itu, arus input yang diperlukan untuk memberikan daya aktif yang sama harus lebih besar. Jika metode start motor tidak dipilih secara tepat, dapat menyebabkan beberapa masalah dengan jaringan listrik dan perangkat lainnya. Hal ini umum untuk mengelompokkan metode start motor ini ke dalam kategori berikut: tegangan penuh, tegangan berkurang, tegangan tambahan, starter lunak, dan penggerak frekuensi variabel. Tahapan penelitiannya adalah pengumpulan studi literature, perancangan alat, pembuatan alat, pengujian alat, analisa alat dan kesimpulan.
Analisa dilakukan dengan menggunakan beban motor induksi satu fasa berdaya 0,37 kW dengan sumber tegangan 184 V, 196 V, 208 V, 219 V dan 230 V didapatkan nilai rata-rata yang terukur pada arus maksimum sebesar 5,3419 Ampere, tegangan maksimum sebesar 208,614 Volt dan daya maksimum sebesar 458 Watt. Hasil pengukuran pada beban motor induksi tiga fasa berdaya daya 1,5 kW dengan sumber tegangan sebesar 320 V, 340 V, 360 V, 380 V dan 400 V terukur nilai maksimum rata-rata dari masing-masing sumber tegangan yang digunakan meliputi arus maksimum (I_Max) rata-rata sebesar 3,6202 Ampere, tegangan maksimum rata-rata pada fasa ke netral sebsesar 217,32 Volt, tegangan maksimum rata-rata fasa ke fasa sebesar 361,656 Volt, dan daya maksimum (P_Max) rata-rata sebesar 225,6 Watt.
Buku ini bukan hanya akan memberikan kontribusi pada pemahaman akademis mengenai motor listrik, tetapi juga dapat menjadi dasar bagi pengembangan sistem kelistrikan yang lebih efisien dan dapat diandalkan di masa depan. Selain itu, pemahaman yang lebih baik tentang performa motor satu fasa dan tiga fasa dalam skenario tegangan rendah juga dapat berkontribusi pada pengembangan teknologi energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Pelayanan Keluarga Berencana
Pelayanan Keluarga Berencana Image
Ekonomi Kreatif : Suatu Konsep Ekonomi Baru
Ekonomi Kreatif : Suatu Konsep Ekonomi Baru Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads