Grand Theory: Esensi Ilmu Sosial dan Ekonomi
May 2, 2024
Agus Arwani

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Grand Theory: Esensi Ilmu Sosial dan Ekonomi  Image
Abstract

Buku "Grand Theory: Esensi Ilmu Sosial dan Ekonomi" oleh Agus Arwani menawarkan sebuah eksplorasi mendalam mengenai teori keagenan dan lain-lain dalam konteks ilmu sosial dan ekonomi. Diantaranya buku ini mengulas tentang bagaimana teori keagenan, yang dicetuskan oleh Jensen dan Meckling, menjadi landasan penting dalam memahami hubungan kontrak antara pemilik (principal) dan pengelola (agent) dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Konsep ini sangat berperan dalam isu tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan manajemen laba, dengan memfokuskan pada asimetri informasi antara manajemen dan pemilik serta potensi konflik kepentingan yang muncul dari perbedaan tujuan antara kedua pihak.
Lebih lanjut, buku ini juga membahas tentang kapasitas daya serap (absorptive capacity) dalam konteks inovasi dan pembelajaran organisasi, memperkenalkan konsep bahwa organisasi yang mampu mengasimilasi dan menerapkan pengetahuan dan informasi baru dari luar akan memiliki keunggulan kompetitif.
Buku ini menawarkan wawasan baru dengan mengintegrasikan teori keagenan, kapasitas daya serap dan lain-lain ke dalam konteks yang lebih luas, memberikan pandangan baru tentang bagaimana teori-teori ini saling berkaitan dan mempengaruhi praktik bisnis dan ekonomi modern. Dengan pendekatan yang multidisipliner, buku ini menarik bagi para akademisi, praktisi bisnis, dan siapapun yang tertarik dalam memahami dinamika ilmu sosial dan ekonomi dari perspektif teoretis.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Bunga Rampai Pengantar Ilmu Ekonomi
Bunga Rampai Pengantar Ilmu Ekonomi Image
Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia
Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads