Disharmoni Pengelolaan Daya Tarik Wisata Berbasis Desa Adat
June 15, 2024
I. Ketut Jaman

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Disharmoni Pengelolaan Daya Tarik Wisata Berbasis Desa Adat Image
Abstract

Buku ini membahas disharmoni antara desa adat, pemerintah daerah, dan usaha perjalanan wisata dalam mengelola daya tarik wisata di Bali, yang berdampak pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya, teologis, dan ekologis. Banyak situs dan tinggalan arkeologi yang dijadikan destinasi wisata belum dikelola dengan baik, terbukti dari kesenjangan antara harapan ideal dan kenyataan di lapangan.

Dalam pengelolaan daya tarik wisata berbasis desa adat, sangat penting memprioritaskan masyarakat lokal agar mereka dapat menikmati keuntungan dari aktivitas pariwisata yang dikembangkan di wilayah tersebut. Ketika kesejahteraan masyarakat lokal diperhatikan, mereka akan berpartisipasi dan terlibat sepenuh hati dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata di daerahnya.

Peran masyarakat lokal dalam pengembangan destinasi wisata sangat dipengaruhi oleh karakteristik daerah dan penduduk setempat. Perilaku sosial budaya masyarakat lokal memengaruhi dampak pariwisata dan menentukan bentuk partisipasi mereka dalam pembangunan pariwisata di wilayahnya. Ketika pembangunan pariwisata memperhatikan kriteria kesinambungan—yaitu bertahan lama secara ekologi, memperoleh manfaat ekonomi, dan memberikan keadilan secara etika dan sosial kepada masyarakat lokal—maka masyarakat di daerah itu akan berpartisipasi dengan sungguh-sungguh.

Di mana pun, pembangunan pariwisata harus selalu diarahkan untuk memperkuat warisan budaya dan tradisi masyarakat lokal. Masyarakat lokal harus diberi kesempatan untuk bersama-sama dengan pemerintah dan industri pariwisata menentukan strategi pemeliharaan destinasi wisata dan tingkat kepuasan wisatawan berdasarkan prinsip kesinambungan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Mengenal Neonatal Brachial Plexus Palsy (NBPP)
Mengenal Neonatal Brachial Plexus Palsy (NBPP) Image
Manajemen Pendampingan Usaha Mikro dan Kecil
Manajemen Pendampingan Usaha Mikro dan Kecil Image
Urinalisa dan Cairan Tubuh
Urinalisa dan Cairan Tubuh Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads