Manajemen Pelayanan Kebidanan Profesional
June 26, 2024
Ngadiyono Ngadiyono, Ida Ariyanti, Rafika Fajrin, Titik Sapartinah, Titi Mursiti + 1 more author

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Manajemen Pelayanan Kebidanan Profesional Image
Abstract

Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga dalam rangka tercapainya keluarga yang berkualitas. Dalam implementasinya, pelayanan kebidanan dilaksanakan menggunakan manajemen pelayanan kebidanan yang dipandang sebagai metode pemecahan masalah sekaligus proses pelaksanaan pemberian pelayanan kebidanan.
Di dalam buku ini akan diperjelas dalam melaksanakan pelayanan kebidanan mengikuti peran fungsi dan tugasnya, termasuk didalamnya menjelasakn tentang wewenang yang dimiliki oleh Bidan yang telah diuraikan secara rinci wewenang Bidan berdasarkan UU no: 14 tahun 2019 yang telah dirubah menjadi satu dalam UU Kesehatan No: 17 tahun 2023.
Selain itu, diuraikan standar mutu pelayanan yang digunakan Ukuran yang dijadikan patokan kesepakatan yang dapat digunakan untuk menyamakan persepsi dan atau interpretasi sesuatu yang menunjuk pada sebuah benda, kegiatan atau sesuatu jasa yang dipersepsikan, sehingga setiap orang yang menyebut pada sebuah benda, kegiatan atau jasa itu maka orang lain akan memiliki persepsi atau interpretasi yang sama tentang benda yang dimaksudkan, standart ini menjadi ukuran ketercapaian mutu dalam pelayanan kebidanan.
Buku ini juga memaparkan dengan kehadiran fasilitas kesehatan di setiap daerah tentu menjadi hal yang penting dan krusial. Sebab, kualitas dan ketersediaan fasilitas kesehatan di masyarakat akan memengaruhi tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itulah, sangat penting bagi pemerintah untuk menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak bagi masyarakat. Tempat pelayanan Puskesmas merupakan unit organisasi pelayanan kesehatan terdepan dengan misi sebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan, yang tugasnya melaksanakan pembinaan, pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di suatu wilayah tertentu. Pelayanan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh, meliputi aspek-aspek; promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
Demikian secara garis besar isi dari Buku Manajemen Pelayanan Kebidanan dapat disajikan, semoga segera diikuti penerbitan pada pokok bahasan yang lain.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Penerapan Multi Atribut Decision Making dalam Pengangkatan Guru Tetap Menggunakan Rumus Didalam Excel
Penerapan Multi Atribut Decision Making dalam Pengangkatan Guru Tetap Menggunakan Rumus Didalam Excel Image
Ilmu Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Ilmu Keperawatan Komunitas dan Keluarga Image
šŸ§  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads