Akuntansi Sektor Publik
June 4, 2024
Dewi Sartika, Rizky Ridwan, Paskanova Christi Gainau, Widhy Setyowati, Eliza Arshandy + 11 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Akuntansi Sektor Publik Image
Abstract

Perkembangan kuntansi Sektor Publik terus mengalami transformasi dengan mengedepankan topik-topik terkini yang sejalan dengan permasalahan riil rakyat. Hal itu disebabkan perkembangan dari permasalahan mendasar dari publik kemudian bisa membangun, menciptakan dan melegalisasi teori utama yang digunakan dalam Akuntansi Sektor Publik. Akuntansi Sektor Publik tidak terbatas pada permasalahan keuangan daerah dan pemerintahan, tetapi sudah menyasar padda wilayah publik lainya seperti komunitas dan organisasi semi terstruktur. Dengan begitu kajian Akuntansi Sektor Publik telah menempatkan kajian akuntansi menjadi salah satu teori dalam pemecahan permasalahan sektor publik. Hal ini tentu membuat Akuntansi Sektor Publik bisa digunakan untuk menjawab berbagai permasalahan sektor publik dalam konteks keseharian.
Berbagai temuan baru dalam bidang Akuntansi Sektor Publik semakin berkembang dan kian menarik untuk dielaborasi dengan berbagai pendekatan keilmuan Akuntansi Sektor Publik. Dengan demikian, berbagai permasalahan yang timbul dalam langgam sektor publik akan bisa memperkaya dan memperkuat khasanah kajian Akuntansi Sektor Publik di Indonesia.
Berbagai elaborasi dari berbagai permasalahan publik dalam Akuntansi Sektor Publik akan disajikan dalam buku ini secara komprehensif dengan para penulis yang ahli dalam bidangnya.
Buku ini dihadirkan sebagai bahan referensi bagi para praktisi, akademisi dan mahasiswa yang ingin mendalami dan memahami Akuntansi Sektor Publik. Buku ini juga mengelaborasi tentang topik-topik terkini dari Akuntansi Sektor Publik yang terus mengalami transformasi. Dengan terbitnya buku ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada para pembaca untuk mengenal secara komprehensif tentang Akuntansi Sektor Publik.

Sementara dalam buku ini terdiri dari beberapa bagian yang meliputi:
Bab 1. Pengantar Akuntansi Sektor Publik
Bab 2. Teori dan Konsep Akuntansi Sektor Publik
Bab 3. Siklus Akuntansi Sektor Publik
Bab 4. Konsep dan Pengertian Anggaran Sektor Publik
Bab 5. Jenis-Jenis Anggaran Sektor Publik
Bab 6. Standar Akuntansi Sektor Publik
Bab 7. Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik
Bab 8. Pengukuran Kinerja di Pemerintahan
Bab 9. Manajemen Keuangan Sektor Publik
Bab 10. Pelaporan Keuangan Sektor Publik
Bab 11. Memahami Basis Kas dan Basis Akrual pada Akuntansi Anggaran
Bab 12. Analis Investasi Publik
Bab 13. Audit Akuntansi Sektor Publik
Bab 14. Akuntansi Organisasi Nirlaba
Bab 15. Akuntansi Entitas Partai Politik
Bab 16. Akuntansi Desa

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads