Cara Praktis Memahami Undang-Undang Pidana Baru di Indonesia
June 24, 2024
Mohamad Anwar

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Cara Praktis Memahami Undang\u002DUndang Pidana Baru di Indonesia Image
Abstract

Buku "Cara Praktis Memahami Undang-Undang Pidana Baru di Indonesia" adalah panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu masyarakat umum, praktisi hukum, akademisi, dan penegak hukum memahami perubahan signifikan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru disahkan. Buku ini memberikan penjelasan yang jelas dan rinci tentang berbagai jenis tindak pidana, sanksi, dan prosedur penegakan hukum yang relevan. Dengan latar belakang revisi KUHP yang didorong oleh kebutuhan untuk memperbarui sistem hukum pidana, buku ini menguraikan sejarah KUHP lama yang diadopsi dari Wetboek van Strafrecht (WvS) Belanda dan alasan pentingnya pembaruan ini.
Buku ini menguraikan perubahan-perubahan utama dalam KUHP baru, termasuk pengaturan mengenai tindak pidana baru, pembaruan sanksi, dan pendekatan yang lebih modern terhadap kejahatan, serta bagaimana KUHP baru mengakomodasi perkembangan zaman seperti teknologi dan globalisasi. Selain itu, dibahas juga penerapan pendekatan restorative justice yang bertujuan memperbaiki hubungan antara pelaku dan korban serta mengurangi beban lembaga pemasyarakatan melalui pidana alternatif seperti kerja sosial dan mediasi. Bab-bab lain membahas secara rinci tentang pidana alternatif seperti kerja sosial dan denda administratif, integrasi prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM), peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam proses penegakan hukum, dan aturan baru untuk kejahatan teknologi dan lingkungan hidup.
Dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan, buku ini menyediakan penjelasan praktis dan aplikatif yang dapat langsung diterapkan, dilengkapi dengan studi kasus nyata. Penutup buku ini merangkum isi buku, mengevaluasi dampak potensial dari KUHP baru, serta memberikan rekomendasi untuk implementasi yang efektif. Buku ini merupakan referensi penting bagi siapa saja yang ingin memahami lebih dalam tentang perubahan signifikan dalam sistem hukum pidana di Indonesia dan implikasinya bagi masyarakat dan penegak hukum.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Konsep dan Sistem Akuntansi Biaya
Konsep dan Sistem Akuntansi Biaya Image
Buku Ajar Sistem Informasi Akuntansi
Buku Ajar Sistem Informasi Akuntansi Image
Disrupsi Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0
Disrupsi Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0 Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads