Cara Cerdas Menjadi Peneliti Cerdas dan Produktif dengan Perangkat Kecerdasan Buatan
June 29, 2024
Nasrullah Nasrullah

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Cara Cerdas Menjadi Peneliti Cerdas dan Produktif dengan Perangkat Kecerdasan Buatan Image
Abstract

Bagian pertama buku ini, "AI Untuk Pencarian Literatur dan Mencari Gap", mengupas tuntas berbagai alat yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membantu peneliti dalam mencari literatur dan menemukan celah penelitian. Mulai dari Open Knowledge Map, yang memvisualisasikan peta pengetahuan secara interaktif, hingga Citation Gecko yang membantu melacak kutipan dan referensi penting. Setiap alat dibahas secara rinci, memberikan gambaran tentang cara penggunaannya dan manfaatnya bagi para peneliti. Inciteful dan Lateral.io juga diperkenalkan sebagai platform yang memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap literatur yang relevan, sedangkan Get The Research dan OpenRead menawarkan akses yang lebih mudah ke artikel-artikel ilmiah.
Pada bagian kedua, "AI Untuk Asisten Menulis", buku ini menyoroti berbagai alat AI yang dirancang untuk membantu penulisan akademik. Dari Speedwrite yang menawarkan penulisan cepat berdasarkan input singkat, hingga Writesonic dan Hyperwrite yang menyediakan solusi penulisan kreatif dan teknis. Jenni.ai diulas sebagai asisten AI yang memberikan dukungan dalam menyusun ide menulis artikel ilmiah, dan Flow.GPT yang menawarkan ide-ide penulisan dengan bantuan teknologi GPT. Setiap alat dieksplorasi dengan contoh kasus penggunaannya, memberikan wawasan tentang bagaimana alat-alat ini dapat meningkatkan produktivitas penulisan.
Bagian ketiga, "AI Untuk Ilustrasi dan Presentasi Ide", membahas alat-alat AI yang membantu visualisasi dan presentasi ide. DALL-E, misalnya, memungkinkan pengguna untuk menciptakan ilustrasi unik berdasarkan deskripsi teks, sedangkan Tome dan GitMind membantu dalam penyusunan presentasi yang menarik dan peta pikiran yang terorganisir. Hotpot.ai juga diperkenalkan sebagai alat yang mendukung pembuatan grafis dan elemen visual lainnya. Bagian ini mengajak pembaca untuk memanfaatkan kekuatan visual dalam menyampaikan ide-ide kompleks dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami.
Bagian terakhir, "AI Untuk Merangkum Artikel", memfokuskan pada alat-alat yang membantu merangkum artikel dan penelitian panjang menjadi ringkasan yang mudah dicerna. Scholarcy dan Paper Digest dijelaskan sebagai solusi untuk meringkas artikel akademik, sementara Jasper dan Penelope.ai menawarkan kemampuan merangkum dengan tambahan analisis konteks. Selain itu, buku ini juga menyediakan panduan untuk menggunakan web pencarian penelitian seperti ProQuest, Emerald Insight, Wiley Online Library, dan Taylor and Francis, yang merupakan sumber daya penting bagi peneliti untuk mengakses literatur berkualitas tinggi. Dengan buku ini, pembaca diharapkan dapat memanfaatkan teknologi AI untuk mempercepat dan mempermudah proses penelitian mereka.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Manajemen Keuangan Untuk Perusahaan dan Industri
Manajemen Keuangan Untuk Perusahaan dan Industri Image
Mikotoksin : Bahaya dan Pencegahannya
Mikotoksin : Bahaya dan Pencegahannya Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads