Transformasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai Creative Thinking Skills dalam Pendidikan Abad 21
July 4, 2024
Isnanik Juni Fitriyah, Andik Wahyun Muqoyyidin

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Transformasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai Creative Thinking Skills dalam Pendidikan Abad 21 Image
Abstract

Buku "Transformasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Sebagai Creative Thinking Skills dalam Pendidikan Abad 21" secara mendalam mengulas tentang bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dapat diubah dan diterapkan sebagai keterampilan berpikir kreatif yang krusial dalam konteks pendidikan abad 21. Berikut adalah sinopsis detailnya:
Buku ini mengawali dengan memperkenalkan konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang mencakup kemampuan analitis, evaluatif, dan kreatif yang lebih kompleks daripada keterampilan berpikir konvensional. Penulis menyoroti pentingnya HOTS dalam menyediakan siswa dengan alat yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia modern yang terus berubah.
Selanjutnya, buku ini mengeksplorasi transformasi HOTS menjadi keterampilan berpikir kreatif. Transformasi ini tidak hanya mempertimbangkan aspek kognitif, tetapi juga bagaimana pengajaran dan pembelajaran dapat dirancang untuk mendorong siswa berpikir secara inovatif, menghadirkan solusi yang baru, dan berkolaborasi secara efektif.
Konsep "Creative Thinking Skills" (Keterampilan Berpikir Kreatif) menjadi fokus utama dalam buku ini. Penulis membahas tentang bagaimana pendidik dapat merancang kurikulum dan strategi pengajaran yang mempromosikan kreativitas, termasuk penggunaan teknologi, lingkungan belajar yang mendukung, serta pembelajaran berbasis proyek dan tantangan.
Selain itu, buku ini juga menyoroti peran evaluasi yang tepat dalam mengukur kemajuan siswa dalam mengembangkan HOTS dan keterampilan berpikir kreatif. Pendekatan penilaian formatif dan sumatif yang sesuai dengan konteks pendidikan abad 21 menjadi bahasan penting, dengan penekanan pada pengembangan portofolio dan penilaian autentik.
Terakhir, buku ini tidak hanya ditujukan kepada pendidik dan administrator pendidikan, tetapi juga kepada orang tua dan pembuat kebijakan untuk memahami pentingnya mempersiapkan generasi masa depan dengan keterampilan yang relevan dan adaptif.
Secara keseluruhan, "Transformasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Sebagai Creative Thinking Skills dalam Pendidikan Abad 21" merupakan panduan yang komprehensif bagi siapa pun yang tertarik untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana HOTS dapat menjadi fondasi yang kuat untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir yang diperlukan dalam dunia yang terus berubah ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Literasi Sains Anak Usia Dini
Literasi Sains Anak Usia Dini Image
Gangguan Bipolar
Gangguan Bipolar Image
Cyberbullying dan Risiko Bunuh Diri pada Remaja
Cyberbullying dan Risiko Bunuh Diri pada Remaja Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads