Transdermal Patch Ekstrak Daun Pepaya Carica untuk Penyembuhan Luka Perineum Ibu Nifas
July 24, 2024
Rizka Anggriani, Marsum Marsum, Arwani Arwani

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Transdermal Patch Ekstrak Daun Pepaya Carica untuk Penyembuhan Luka Perineum Ibu Nifas Image
Abstract

Luka perineum termasuk area yang sering terkena infeksi pascapersalinan atau dalam periode nifas. Perawatan dalam periode ini meliputi perawatan luka perineum serta pencegahan terhadap infeksi. Salah satu cara perawatan untuk mempercepat penyembuhan luka perineum menggunakan terapi nonfarmakologi, dimana sediaan herbal relatif tidak memiliki efek samping dibandingkan obat konvensional. Daun pepaya carica termasuk dalam tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam perawatan luka perineum dengan kandungan alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin yang memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antivirus, dan analgesik dalam mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi nyeri pada luka perineum.
Buku ini hadir untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai luka perineum pada ibu nifas dan cara perawatannya dengan pemanfaatan tanaman herbal berbasis kearifan lokal dalam bentuk sediaan transdermal patch ekstrak daun pepaya carica yang telah teruji dari ahli di bidang farmasi, teknik laboratorium, dan telah dilakukan penelitian. Di dalamnya juga dijelaskan mengenai proses pembuatan patch dan penerapannya pada ibu nifas.
Buku ini akan membantu ibu nifas melewati masa nifasnya dengan sehat dan aman, serta cocok untuk semua kalangan pembaca.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Penyakit Menular Seksual dan HIV-AIDS
Penyakit Menular Seksual dan HIV\u002DAIDS Image
Pengantar Kartografi (Aplikasi Keterampilan dan Pendidikan Peta)
Pengantar Kartografi (Aplikasi Keterampilan dan Pendidikan Peta) Image
Psikologi Manajemen
Psikologi Manajemen Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads