Kebudayaan Indonesia
Сентябрь 7, 2021
Desy Karolina, Randy Randy

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Buku ini berisi mengenai kebudayaan Indonesia yang menekankan pondasi dan karakter bangsa. Sebagai tradisi,nilai-nilai luhur, dan kearifan lokal yang dimiliki dan dihidupi bersama secara turun-temurun.oleh suatu kelompok masyarakat tertentu dalam suatu bangsa,kebudayaan dapat dimaknai sebagai identitas kolektif atau jati diri.suatu bangsa.
Kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar(deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat.Indonesia sebagai negara kepulauan adalah negara-bangsa yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya nusantara yang merupakan daya tarik tersendiri di mata dunia. Seharusnya hal ini dapat dijadikan modal untuk menaikan citra bangsa di mata dunia sekaligus nilai-nilai fundamental yang berfungsi merekatkan persatuan.
Dalam buku ini terdapat 11 materi pokok yang harus dipelajari, yakni: Pengertian Kebudayaan, Penetrasi Kebudayaan (Difusi, Alkultrasi, Asimilasi), Pengaruh Hindu-Budha terhadap kebudayaan indonesia,Pengaruh barat dalam kebudayaan indonesia, Kebudayaan Jawa Tengah Kebudayaan BugisMakassar, Kebudayaan Papua, Kebudayaan Jawa Barat, Kebudayaan Kalimantan (Dayak), Kebudayaan Maluku, Kebudayaan Aceh, Lebudayaan Jawa Timur, Kebudayaan Bali.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Geografi Penduduk & Pembangunan
Organisasi Birokrasi dan Manajemen Pemerintahan
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads