Potensi Bisnis Balsam Stik Aromaterapi
Ноябрь 29, 2022
Fransisca Dita Mayangsari, Primanitha Ria Utami, Faricha Maf’Ula

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads
Potensi Bisnis Balsam Stik Aromaterapi Image
Abstract

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak besar pada sektor kesehatan, tetapi juga berdampak pada sektor sosial-ekonomi. Strategi yang tepat perlu dilakukan untuk memulihkan sektor ekonomi. Salah satunya dengan memaksimalkan sektor UMKM dengan produk yang inovatif, seperti balsam stik aromaterapi. Produk ini merupakan suatu bentuk inovasi dari balsam gosok.
Pada umumnya, balsam gosok dikemas dalam wadah pot. Cara pengaplikasiannya yaitu sediaan diambil dari wadah pot menggunakan jari kemudian dioleskan di tempat yang diinginkan. Namun, cara ini dianggap kurang praktis karena membuat jari menjadi lengket.
Sediaan balsam stik yang dibuat dapat dilengkapi dengan minyak atsiri sebagai agen aromaterapi. Penelitian yang dilakukan oleh Widnyana (2021) menyatakan bahwa aromaterapi dapat memicu perubahan pada sistem limbik yang akan berpengaruh pada detak jantung, tekanan darah, pernapasan, dan pelepasan berbagai hormon sehingga menimbulkan perasaan tenang. Aromaterapi memberikan efek dalam mengurangi rasa sakit dan kecemasan, meningkatkan energi dan memori jangka pendek, serta relaksasi.
Buku ini berisi mengenai potensi bisnis balsam stik aromaterapi. Mulai dari contoh formula, perkiraan harga jual hingga potensi pasar. Buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jeruk nipis, jahe, dan serai dapur merupakan beberapa contoh TOGA yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu komponen penyusun balsam stik aromaterapi. Namun, tanaman-tanaman tersebut harus diolah terlebih dahulu sehingga didapatkan minyak atsirinya. Minyak inilah yang nantinya dapat berfungsi sebagai agen aromaterapi pada balsam stik.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Anteseden Kinerja Pegawai
Anteseden Kinerja Pegawai Image
Perancangan Aplikasi Pemesanan Laundry Berbasis Website
Perancangan Aplikasi Pemesanan Laundry Berbasis Website Image
Perkembangan Peserta Didik & Implikasinya dalam Belajar Gerak
Perkembangan Peserta Didik \u0026 Implikasinya dalam Belajar Gerak Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads