Self-Regulated Learning Tinjauan Psikologis Tentang Menjadi Pembelajar Mandiri
Декабрь 11, 2022
Asina Christina Rosito

Metrics

  • Eye Icon 3 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3 views  //  0 downloads
Self\u002DRegulated Learning Tinjauan Psikologis Tentang Menjadi Pembelajar Mandiri Image
Abstract

Apa yang mempengaruhi perbedaan dalam prestasi belajar dari para pembelajar? Apakah inteligensi, kepribadian, atau lainnya? Dalam penelitian di bidang psikologi pendidikan, temuan-temuan secara konsisten menunjukkan betapa pentingnya peran dari self-regulated learning dalam mempengaruhi pencapaian akademik individu, terlepas dari karakteristik individual yang melekat padanya. Self-regulated learning adalah kapasitas individu dalam mengatur diri dan mengelola pembelajarannya dalam aspek kognitif, metakognitif, maupun perilakunya. Keterampilan ini dapat dikembangkan dan dilatih.
Buku ini membahas urgensi dari self-regulated learning dalam konteks pembelajaran maupun konteks yang lebih luas. Penjelasan konseptual dan penelusuran literatur yang relevan juga dipaparkan dalam buku ini, sehingga pembaca memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai topik ini. Selain itu, pembahasan mengenai kaitan antara self-regulated learning, kepribadian, dan prestasi belajar juga diuraikan dalam buku ini.
Buku ini dapat menjadi referensi bagi pengajar, pendidik, dan pihak yang tertarik dalam meningkatkan keterampilan pengaturan diri dalam konteks pembelajaran. Selain itu, buku dapat menjadi referensi bagi siswa, mahasiswa, atau pembaca umum lainnya untuk keperluan studi maupun pengembangan diri.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Bisnis Digital
Bisnis Digital Image
Analisis Sentimen dan Penggalian Opini
Analisis Sentimen dan Penggalian Opini Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 3 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3 views  //  0 downloads