Kepengawasan Pendidikan : Teori dan Terapan
Март 28, 2023
Turi Turi

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads
Kepengawasan Pendidikan : Teori dan Terapan Image
Abstract

Supervisi merupakan bantuan teknis, layanan, dan bimbingan memperbaiki pembelajaran kepada pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah/madrasah agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses pembelajaran.
Ruang lingkup supervisi meliputi kegiatan(1) penyusunan program pengawasan; (2) pelaksanaan program pengawasan; (3) evaluasihasil pelaksanaan program pengawasan; (4) membimbing dan melatih profesional gurudan/atau Kepala Sekolah: dan (5) melaksanakan tugas kepengawasan di daerah terpencil.
Supervisi pembelajaran dalam kaitan dengan penjaminan mutu dilaksanakan untuk mewujudkan perbaikan pengelolaan pembelajaran, peningkatan kemampuan penggunaan media dan alat peraga, dan mengoptimalkan kerjasama komunikasi dalam proses pembelajaran, merancang lingkungan belajar dengan menerapkan keterampilan hubungan antara manusia, proses kerja kelompok, kepemimpinan, administrasi personil dan penilaian. Serta memperbaiki kondisi-kondisi, baik personil maupun material yang memungkinkan terciptanya situasi belajar mengajar yang baik demi tercapainya tujuan Pendidikan.
Pada Madrasah supervisi pembelajaran adalah usaha pembimbingan, pelatihan, konsultasi, pemantauan, pendampingan, dan pembinaan dalam rangka peningkatan kemampuan pengelola pembelajaran, baik guru ,kepala madrasah, serta tenaga kependidikan lainnya. Atau yang lebih spesifik supervisi pembelajaran itu diartikan sebagai serangkaian kegiatan membantu guru- guru untuk mengembangkan kompetensi maupun pelaksanaan tugas pokok pembelajaran pada tahapan perencanaan pembelajaran ,pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads