Etnomedisin Tumbuhan Obat Tradisional Masyarakat Pakue
Июнь 19, 2023
Maretik Maretik, Erfina Erfina, Maura Humaira

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Etnomedisin Tumbuhan Obat Tradisional Masyarakat Pakue Image
Abstract

Etnomedisin merupakan cabang antropologi kesehatan yang membahas mengenai asal mula suatu penyakit, penyebabnya, dan cara pengobatan menurut kelompok masyarakat tertentu. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan sumber daya alam untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk tujuan pengobatan. Pemanfaatan tumbuhan sebagai bahan obat tersebut sebagian besar diwariskan secara lisan sehingga rentan terdegradasi. Kondisi seperti ini, lambat laun warisan tradisional akan mengalami kepunahan di tempat asalnya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pelestarian tumbuhan khususnya tumbuhan berkhasiat obat untuk pengetahuan, konservasi dan kesejahteraan masyarakat melalui kajian etnomedisin tumbuhan berkhasiat obat yang dirangkum dalam buku ini.
Buku ini berisi tentang jenis-jenis tumbuhan yang berkhasiat obat yang sering digunakan oleh masyarakat Pakue Kabupaten Kolaka Utara. Jenis tumbuhan juga dilengkapi dengan klasifikasi tumbuhan, bentuk morfologi, bagian tumbuhan yang dapat dijadikan obat, serta cara pengolahannya berdasarkan penyakit yang bisa disembuhkan. Buku ini sangat menarik karena uraian bahasan sangat ringan serta dilengkapi dengan gambar yang dapat menambah informasi bagi pembaca yang baru mengenal tumbuhan tersebut.
Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menambah referensi bagi pembaca tentang jenis tumbuhan yang dapat dijadikan obat terutama bagi masyarakat yang membutuhkan informasi ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Aktivitas Belajar Anak Amaanah
Buku Aktivitas Belajar Anak Amaanah Image
Pengantar Sosiologi
Pengantar Sosiologi\u0009 Image
Mikoriza : Solusi Budidaya Cabai Rawit di Lahan Kering
Mikoriza : Solusi Budidaya Cabai Rawit di Lahan Kering Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads