Pengembangan Kepribadian untuk Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0
Октябрь 20, 2023
Nani Sutarni, Fahmi Jahidah Islamy, Hady Siti Hadijah

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pengembangan Kepribadian untuk Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0 Image
Abstract

Setiap individu memiliki cara pandang yang berbeda terhadap dirinya sendiri, seperti melihat sifat, emosi, kepribadian, hingga potensi diri. Pastinya setiap individu memiliki konsep diri yang berbeda. Konsep diri juga erat kaitannya dengan pengembangan kepribadian, manusia sebagai mahkluk sosial yang akan selalu berkembang dan berubah menjadi lebih baik. Pengembangan kepribadian membantu kita untuk memiliki sikap positif dalam berperilaku di lingkungan sosial. Pengembangan kepribadian diperlukan untuk mengatasi permasalahan kehidupan pribadi baik menjadi mahasiswa, karyawan professional atau sebagai warga negara.
Perkembangan teknologi dalam kehidupan manusia, memberi banyak perubahan baik dari cara berpikir, penyelesaian masalah, perencanaan, ataupun dalam pengambilan keputusan. Dalam kondisi ini, etika, etiket, dan norma sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh masyarakat. Perkembangan teknologi pun berpengaruh pada dunia bisnis dan perkantoran yang semakin berkembang pesat. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai dalam dunia professional khususnya bisnis dan perkantoran adalah kompetensi dalam melaksanakan etika, norma dan etiket. Penerapannya dalam professional ini bererat kaitannya dengan hubungan antar individu.
Proses membangun karir setiap individu itu dapat dilakukan dengan cara membangun personal branding sesuai dengan keahlian serta kelebihan dari setiap individu itu sendiri. Pada dasarnya seseorang akan dinilai oleh orang lain melalui tampilan fisik yang terlihat, kepribadian/perilaku, karakter, maupun pengetahuan yang ia miliki. Branding yang ada dalam diri individu tumbuh dan berkembang dari pengalaman dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. Personal brand perlu dilakukan untuk mengaktualisasikan diri, pengaktualisasian diri ini memerlukan proses yang panjang. Dengan personal branding maka kamu akan memiliki ciri khas yang membedakan kamu dengan orang lain.
Membangun personal branding dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini melalui media sosial. Jejaraing sosial telah mengubah cara berkomunikasi, memudahkan orang untuk mendapatkan apapun secara gratis, tanpa pertemuan secara langsung. Kredibilitas sangatlah diperlukan dalam kehidupan manusia khususnya dalam membangun personal branding. Dalam dunia perkantoran ini kredibilitas dibutuhkan agar dapat menjadi SDM (sumber saya manusia) yang berkualitas. Apabila kualitas SDM dipandang baik, hal tersebut dapat pula mengangkat citra baik perusahaan, sehingga perusahaan tersebut dapat mempertahankan status sosial dalam pandangan Masyarakat. Seseorang yang sudah mempunyai kredibilitas diri yang baik, agar tetap dapat menjaga hubungan relasi dengan orang-orang, seperti pada perusahaan yaitu dengan para professional dalam dunia perkantoran.
Di dunia kerja khususnya perkantoran memiliki etika dalam menentukan busana yang tepat. Busana menjadi hal yang pokok dalam berpenampilan karena busana mampu memberikan kesan pada orang lain. Busana juga dapat menunjukkan pribadi seseorang. Estetika dalam berbusana dikaitkan dengan warna, corak, bahan dan tekstur. Penambanhan aksesoris dapat berpengaruh pada keindahan berbusana juga harus memperhatikan kondisi lingkungan. Kegiatan lain yang tidak pernah terlepas dalam kehidupan manusia adalah kegiatan berkomunikasi. Komunikasi menjadi sarana untuk bersosialisasi umat manusia baik komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads