Kapita Selekta: Isu Strategis Pemerintahan
Февраль 22, 2024
Muhadam Labolo

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Kapita Selekta: Isu Strategis Pemerintahan Image
Abstract

Sedemikian berlimpah isu strategis pemerintahan dewasa ini, entah global, nasional dan lokal, kita hanya perlu memilih dan mengembangkannya lewat sistem perencanaan guna mencapai tujuan-tujuan jangka panjang, menengah dan pendek. Bagaimanapun isu-isu tersebut akan terus tumbuh dan berkembang sesuai dinamika ekologi pemerintahan.
Isu terpilih itu layak untuk dipercakapkan agar mampu disisipkan dalam kebijakan yang mungkin dapat menahan gelombang turbulensi di kelak hari. Kemampuan kita mengelola keragaman dalam bingkai kesatuan akan memberikan kepastian bagi keberlanjutan pemerintahan. Keberlanjutan pemerintahan hanya mungkin bila pola rekrutmen kepemimpinan berlangsung kompetitif di atas kerangka etik dan hukum.
Sejauh itu terlaksana, masa depan demokrasi kiranya mampu meneteskan bagian terbaiknya, yaitu kesejahteraan rakyat. Dengan maksud itu pilihan mekanisme menjadi penting diwacanakan ulang agar keberpihakan sumber daya lebih pada upaya mengenyangkan perut rakyat di desa, tidak terbuang sia-sia. Apalagi bila kesia-siaan itu hanya untuk melanggengkan kekuasaan elit dan supra desa.
Buku ini kumpulan gagasan terpilih untuk bahan diskusi di kelas. Kalaupun Ia relevan dan berguna di ruang dan waktu tertentu, akan lebih baik. Tugas moral kita mengupayakan terus-menerus suatu sistem politik, ekonomi, dan sosial yang tidak saja ideal, juga realistis dengan konteks keIndonesiaan. Dengan begitu, kita memastikan kehidupan yang lebih baik bagi rakyat dan pemerintah di hari-hari mendatang.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Konservasi Lingkungan dan Sumber Daya
Konservasi Lingkungan dan Sumber Daya Image
Epidemiologi Intermediate
Epidemiologi Intermediate Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads