Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong-Royong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah
Грудень 24, 2021
Muhammad Azka Maulana, Fattah Hanurawan, Diah Karmiyati

Metrics

  • Eye Icon 51 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 51 views  //  0 downloads
Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong\u002DRoyong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah Image
Abstract

Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong-Royong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah ini mengintegrasikan tujuh tinjauan teori, yakni (1) tinjauan teori gotong-royong dari Bowen (1986), (2) tinjauan teori gotong-royong dari Koentjoroningrat (1997), (3) tinjauan nilai-nilai pemahaman akan perbedaan (Hanurawan, 2016), (4) tinjauan nilai-nilai dukungan sosial masyarakat jawa (Karmiyati, 2017), (5) tinjauan teori efikasi diri Bandura (1977), (6) tinjauan layanan interaksi sosial (Marigold, 2014) dan prinsip-prinsip terapi psikologis (Rappoport, 1977). Ketujuh tinjauan tersebut penulis integrasikan sehingga menjadi 8 sesi terapi.
Terapi gotong-royong merupakan terapi yang dikembangkan penulis berdasarkan nilai-nilai indigenous atau kearifan lokal masyarakat Indonesia. Nilai-nilai kearifan lokal dalam gotong-royong tersebut diintegrasikan dengan prinsip-prinsip terapi psikologis itu sendiri. Gotong-royong sebagai semangat bermasyarakat yang sudah ada sejak Indonesia merdeka. Semangat gotong-royong sudah digaungkan oleh presiden Republik Indonesia pertama, yakni Ir. H. Soekarno sebagai upaya menyatukan perbedaan bangsa Indonesia sehingga tidak ada driskiminasi atau penjajahan dikemudian hari.
Semangat gotong-royong bangsa Indonesia ini harus senantiasa dihidupkan khususnya pada generasi muda. Tingginya tingkat bullying di kalangan pelajar Indonesia adalah bukti bahwa generasi muda kita telah meninggalkan tradisi gotong-royong. Untuk itu, dalam manual panduan ini berisi strategi-strategi dalam memecahkan permasalahan bullying di sekolah melalui terapi kelompok gotong-royong.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Extreme Learning Machine: Penerapan dan Aplikasi
Extreme Learning Machine: Penerapan dan Aplikasi Image
Model Latihan Renang Gaya Punggung Siswa Usia 9-10 Tahun
Model Latihan Renang Gaya Punggung Siswa Usia 9\u002D10 Tahun Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 51 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 51 views  //  0 downloads