Asuhan Kebidanan pada Kehamilan (Buku Pintar Ibu Hamil)
Лютий 24, 2022
Susanti Susanti, Ulpawati Ulpawati

Metrics

  • Eye Icon 1487 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1487 views  //  0 downloads
Asuhan Kebidanan pada Kehamilan (Buku Pintar Ibu Hamil) Image
Abstract

Perempuan sebagai penerus generasi, sehingga keberadaan perempuan yang sehat jasmani, rohani, dan sosial sangat diperlukan. Perempuan sebagai sumber daya insani merupakan pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Kualitas manusia sangat ditentukan oleh keberadaan / kondisi perempuan / Ibu dalam keluarga.
Kehamilan merupakan suatu proses alamiah dan fisiologis. Setiap wanita yang memiliki organ reproduksi sehat, jika telah mengalami menstruasi dan melakukan hubungan seksual dengan seorang pria yang organ reproduksinya sehat, sangat besar kemungkinannya terjadi kehamilan. Apabila kehamilan direncanakan, akan memberi rasa bahagia dan penuh harapan, tetapi di sisi lain diperlukan kemampuan bagi wanita untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan, baik perubahan yang bersifat fisiologis maupun psikologis.
Filosofi kebidanan dalam asuhan antenatal adalah nilai atau keyakinan atau kepercayaan yang mendasari bidan untuk berperilaku dalam memberikan asuhan kehamilan. Pada prinsipnya filosofi asuhan kehamilan merujuk pada filosofi bidan.
Bidan adalah tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawat-daruratan.
Buku kehamilan dapat menbantu dalam proses pemahaman dan pengertian mengenai ibu. Buku ini disusun dengan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan. Secara garis besar pada buku ini membahas tentang kehamilan yang sangat berguna bagi calon ibu, masyarakat dan mahasiswa yang ingin mempelajari dalam hal seluk beluk kehamilan, sehingga diharapkan ibu dan bayi lahir dalam keadaan normal.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Flebotomi
Flebotomi Image
Sirkumsisi dan Kaskade HIV
Sirkumsisi dan Kaskade HIV Image
Tantangan Gen Z pada Lingkup Sekolah Menengah Pertama dalam Menghadapi Bullying, Napza, dan Game Online
Tantangan Gen Z pada Lingkup Sekolah Menengah Pertama dalam Menghadapi Bullying, Napza, dan Game Online Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1487 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1487 views  //  0 downloads