Manajemen Sumber Daya Manusia pada Sektor Kesehatan
Лютий 2, 2023
Ratna Tri Hari Safariningsih, Mohamad Rizan, Agung Wahyu Handaru

Metrics

  • Eye Icon 73 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 73 views  //  0 downloads
Manajemen Sumber Daya Manusia pada Sektor Kesehatan Image
Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan pengetahuan, keterampilan, jejaring, dan energi setiap individu yang mendasari individu terhadap kesehatan fisik, kesehatan mental, kemampuan intelektual, kepribadian, dan motivasi (Armstrong, 2020). Manajemen sumber daya manusia mengatur berbagai hal mulai dari persiapan sampai dengan pengembangan individu yang bekerja dalam suatu organisasi atau perusahaan. Di sektor Kesehatan, manajemen sumber daya manusia menjadi hal yang penting dikarenakan SDM Kesehatan bergerak digarda terdepan dalam menangani masalah penyakit.
Manajemen sumber daya manusia tidak hanya harus menjaga dan mendorong kualitas hubungan pasien dengan entitas layanan kesehatan, tetapi juga harus menjaga dan mendorong kualitas hubungan antar tenaga kesehatan dan karyawan dengan entitas layanan kesehatan. Kepuasan tenaga kesehatan terhadap lingkungan kerjanya juga merupakan hal yang penting karena mereka yang bertugas untuk memberikan perawatan kepada pasien dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Hal ini pun diatur dalam diatur dalam Undang-Undang RI nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.
Strategi manajemen SDM adalah proses merumuskan strategi SDM dan taktik implementasi yang selaras dan memperkuat strategi bisnis organisasi. Ini membutuhkan pengembangan serangkaian kegiatan dan tugas manajerial yang komprehensif terkait dengan pengembangan dan pemeliharaan tenaga kerja yang berkualitas (Fried & Fottler, 2015). Dengan melaksanakan strategi manajemen SDM, maka tenaga Kesehatan akan dikembangkan dengan baik, seperti dilakukannya analisis beban kerja, penilaian lingkungan kerja, sampai pengembangan karir. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia di sektor Kesehatan merupakan hal yang sangat sakral dan perlu dikembangan secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas SDM dan juga pelayanan di bidang Kesehatan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Model Pendampingan Ibu dan Anak (PENAK)
Model Pendampingan Ibu dan Anak (PENAK) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 73 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 73 views  //  0 downloads