Perubahan Posisi pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang Menggunakan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP)
Червень 23, 2023
Deswita Deswita, Rahma Devita, Wenni Mardiati

Metrics

  • Eye Icon 46 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 46 views  //  0 downloads
Perubahan Posisi pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang Menggunakan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) Image
Abstract

Bayi dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram yang ditimbang pada saat lahir sampai dengan 24 jam pertama setelah lahir. Bayi BBLR cenderung lebih mudah menderita berbagai penyakit infeksi, dan sering mengalami komplikasi yang berakhir dengan kematian yang disebabkan oleh keadaan organ-organ tubuh yang belum sempurna kematangannya.
Pemberian posisi pada bayi BBLR akan memberikan pengaruh pada sistem pernapasan. Pemberian posisi juga akan berdampak pada tingkat stress dan perkembangan pada bayi prematur dan BBLR, dimana hal ini dapat menjadi jalan yang baik untuk memberikan intervensi perawatan neonatus dalam membantu perkembangannya. CPAP adalah suatu alat untuk mempertahankan tekanan positif pada saluran pernapasan neonatus selama dilakukannya pernapasan spontan. CPAP adalah bentuk alat sederhana dan efektif untuk tatalaksana dari masalah pernapasan yang terjadi pada neonatus.
Peran posisi pronasi dalam mendukung perbaikan status oksigenasi pada bayi yang mengalami masalah pernapasan berdampak lebih baik daripada tidak diberikan posisi pronasi. Hal ini penting diketahui oleh tenaga kesehatan termasuk perawat dalam perawatan bayi BBLR yang terpasang CPAP.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Manajemen Komunikasi Keluarga di Era Teknologi
Manajemen Komunikasi Keluarga di Era Teknologi Image
Konsep Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak
Konsep Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 46 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 46 views  //  0 downloads