Microteaching: Keterampilan Mengajar, Refleksi, dan Asesmen bagi Guru dan Calon Guru
Лютий 3, 2024
Sepling Paling, Rita Sari, Oneta Wenda

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Microteaching: Keterampilan Mengajar, Refleksi, dan Asesmen bagi Guru dan Calon Guru Image
Abstract

MICROTEACHING merupakan sarana bagi mahasiswa sebagai calon guru untuk mengasah keterampilan mengajarnyanya dalam mempersiapkan diri untuk mengajar secara nyata di sekolah-sekolah. Bagi guru khususnya guru pemula, microteaching menjadi salah satu bentuk latihan mengajar dalam mengembangkan keterampilan mengajarnya agar memiliki performa yang optimal saat menyajikan materi pelajaran bagi siswa-siswanya. Melalui microteaching, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tujuan utama dari buku MICROTECHING ini adalah memberikan pedoman, panduan, dan meningkatkan wawasan bagi guru pemula dan bagi mahasiswa calon guru dalam mempersiapkan diri memberikan pengajaran yang terbaik di sekolah-sekolah. Buku ini berisi tentang:
1. Konsep dasar dalam memahami microteaching
2. Prosedur pelaksanaan microteaching
3. Keterampilan-keterampilan dasar mengajar
4. Refleksi dalam microteaching
5. Ssesmen dalam microteaching
6. Pedoman Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Buku ini dirancang dengan penyajian materi yang sederhana agar mudah dipahami oleh guru-guru pemula, mahasiswa calon guru, maupun pembimbing dalam memahami dan mengimplementasikan pelaksanaan microteaching baik secara mandiri maupun secara kelompok melalui bimbingan. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi guru-guru khususnya guru pemula dan mahasiswa sebagai calon guru dalam melatih dan mengembangkan keterampilan mengajarnya. Selain itu, memberikan motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri sehingga menghasilkan performa yang baik saat mengajar.
Untuk lebih memudahkan guru pemula dan calon guru, buku ini dilengkapi juga dengan lembar observasi pada masing-masing keterampilan dasar mengajar. Contoh lembar observasi ini dapat digunakan sebagai pedoman pengamatan saat pelaksanaan microteaching baik oleh rekan sejawat maupun oleh pembimbing.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads