Menjadi Guru Profesional Yang Bermutu Landasan Dasar Memahami Sumber Daya Sekolah
Marzo 14, 2023
M. Ridwan.

Metrics

  • Eye Icon 11 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 11 views  //  0 downloads
Menjadi Guru Profesional Yang Bermutu Landasan Dasar Memahami Sumber Daya Sekolah Image
Abstract

Dalam menjawab tantangan globalisasi sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkarakter handal dan berdaya saing tinggi. Untuk mewujudkannya maka disinilah pendidikan harus menampilkan diri sebagai bagian dari tantangan globalisasi. Pendidikan ditantang harus mampu mendidik dan menghasilkan para lulusan yang berdaya saing tinggi (qualified) bukan justru sebaliknya mandul dalam menghadapi gempuran berbagai kemajuan dinamika globalisasi tersebut. Kehadiran globalisasi merupakan tantangan besar bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu, Kepala sekolah sebagai manajer harus mampu memahami kondisi lingkungan sekolah agar mutu pendidikan yang diharapkan selalu meningkat.
Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab guru sebagai profesi yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak didik. Oleh sebab itu, dunia pendidikan menuntut agar guru memiliki sikap profesional dalam menjalankan tugas pokoknya.
Guru profesional adalah guru yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kurikulum bagi kelasnya. Karena posisi guru juga merupakan bagian dari pengembang kurikulum yang terdepan, maka guru pulalah yang selalu melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap kurikulum yang ada. Disamping itu, guru dikatakan berhasil apabila pembelajaran yang diberikannya mampu mengubah perilaku sebagian besar peserta didik ke arah penguasaan kompetensi dasar yang lebih baik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan berbagai kompetensi dalam pembelajaran.
Buku yang ada dihadapan pembaca ini mengupas secara universal tentang landasan memahami sumber daya sekolah. Jadi anda sebagai kepala sekolah, guru, calon guru, mahasiswa dan karyawan sekolah sangat cocok untuk mempelajari buku ini.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 11 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 11 views  //  0 downloads