Aspirasi Pendidikan Masyarakat Bakumpai di Kalimantan Selatan : Refleksi Citra Sekolah dan Kecenderungan Orangtua Menyekolahkan Anak
April 22, 2024
Syaiful Bahri Djamarah

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Aspirasi Pendidikan Masyarakat Bakumpai di Kalimantan Selatan : Refleksi Citra Sekolah dan Kecenderungan Orangtua Menyekolahkan Anak Image
Abstrak

Masyarakat Bakumpai adalah suku dayak, sebuah komunitas masyarakat religius yang hidup berkelompok di sekitar daerah aliran Sungai Barito Kalimantan Selatan.
Aspirasi pendidikan masyarakat Bakumpai adalah fenomena psikologis, kecenderungan orangtua yang mempunyai cita-cita/harapan kepada anaknya dan dapat menggiring sikap dan perilaku orangtua dalam memilih lembaga pendidikan tertentu sebagai tempat belajar anak.
Aspirasi pendidikan masyarakat Bakumpai, yaitu bagaimana orangtua mempersepsi citra suatu sekolah sehingga menguat kecenderungan orangtua dalam menetapkan dan memutuskan lembaga pendidikan tertentu sebagai tempat belajar anak.
Aspirasi pendidikan masyarakat Bakumpai bukanlah variable tunggal. Ada variable lain yang mempengaruhinya, yaitu orientasi agama, orientasi kerja dan kesetaraan jender. Kuatnya orientasi agama membuat orangtua ingin menyekolahkan anaknya ke madrasah meskipun dalam realitas mayoritas anak-anak mereka sekolah di sekolah umum.
Dalam masyarakat Bakumpai meskipun orientasi agama dijadikan dasar utama dalam memilih sekolah, tetapi dalam konteks dunia kerja, mereka cenderung mengadakan penyesuaian dengan dunia kerja. yakni tidak mesti bekerja di bidang lembaga keagamaan. Karena orientasi kerja inilah orangtua lebih cenderung memasukkan anak-anak mereka ke sekolah umum daripada ke madrasah, khususnya pada pendidikan lanjutan, dengan alasan karena lulusan dari sekolah umum lebih mudah mendapatkan pekerjaan.
Dalam masalah diferensiasi seks, orangtua dalam masyarakat Bakumpai memiliki sikap kesetaraan jender dengan tidak membeda-bedakan antara anak laki-laki dan perempuan. Mereka memiliki hak dan diberikan perlakuan yang sama dalam memperoleh kesempatan untuk menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi sesuai kemampuan mereka masing-masing. Terima kasih.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial
Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial Image
Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja ESG yang Berkelanjutan
Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja ESG yang Berkelanjutan Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads