Sosiologi Keluarga : Sebuah Pengantar
November 30, 2023
Wilodati Wilodati, Puspita Wulandari

Metrics

  • Eye Icon 175 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 175 views  //  0 downloads
Sosiologi Keluarga : Sebuah Pengantar Image
Abstract

Keluarga merupakan salah satu objek kajian utama Ilmu Sossologi sebagai satu unit kesatuan terkecil di masyarakat, keluarga merupakan tempat pertama dan utama seorang anak berada yang akan menjadi peletak dasar kepribadiannya, melalui pola asuh kedua orang tuanya. Keluarga sebagai sebuah sistem, juga berperan penting untuk memelihara nilai dan norma sosial serta memberi dukungan emosional dan ekonomi bagi anggotanya. Sebelum mengenal dunia sekitarnya, anak terlebih dahulu mengenal keadaan keluarganya. Pengalaman sosial dalam keluarga, akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan anak di masa depan.
Sosiologi Keluarga merupakan ilmu kemasyarakatan yang di dalamnya mempelajari pembentukan keluarga, hubungan keluarga, dan gejala sosial yang dapat mempengaruhi kehidupan keluarga. Keluarga menjadi dimensi tersendiri yang tak bisa dihilangkan, sebab menjadi tempat nilai-nilai dan norma-norma berlaku, serta dilestarikan.
Keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan karakter anak. Pendidikan karakter merupakan upaya sungguh-sungguh untuk memahami, membentuk dan memajukan nilai-nilai moral, baik bagi diri sendiri maupun bagi seluruh anggota masyarakat atau warga negara pada umumnya. Pentingnya nilai dalam perkembangan karakter anak tidak dapat diabaikan begitu saja. Nilai-nilai mengarahkan anak-anak untuk dapat mengetahui dan paham akan perbedaan antara yang benar dan yang salah, bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, serta bagaimana mengatasi konflik dan tantangan dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam perkembangan karakter anak, moral memainkan peran penting dalam membentuk perilaku dan pengambilan keputusan. Moral adalah acuan tentang bagaimana baik dan tidaknya manusia itu selama ia menjalankan hidup di dunia. Moral membantu anak untuk dapat mengetahui efek samping dari tindakan mereka dan cara berinteraksi dengan orang lain secara etis.
Pendidikan karakter anak yang efektif mencakup pembentukan nilai-nilai dan moral yang positif. Orang tua di rumah, guru di sekolah, dan lingkungan sosial memiliki peranan penting dalam menolong anak-anak untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang nilai-nilai dan moral. Dengan pemahaman yang baik tentang nilai dan moral, anak-anak dapat menjadikan dirinya sebagai seseorang yang berintegritas, memiliki tanggung jawab, dan berkontribusi positif dalam masyarakat Uraian terperinci tentang berbagai hal tersebut, tersaji dalam buku sederhana ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Nanomaterial Sintesis dan Analisis
Nanomaterial Sintesis dan Analisis Image
Kebijakan Publik
Kebijakan Publik Image
Manajemen Pembangunan Rumah Ibadah di Kota Manado dan Gorontalo
Manajemen Pembangunan Rumah Ibadah di Kota Manado dan Gorontalo Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 175 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 175 views  //  0 downloads