Kurikulum dan Desain Pembelajaran
February 13, 2024
Mohamad Anggi Samukroni, Dindin Nasrudin, Ansharuddin M., Nyayu Yayu Suryani, Rabiyatul Adawiyah + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Kurikulum dan Desain Pembelajaran Image
Abstract

Kurikulum merupakan suatu alat yang penting bagi pendidikan karena pendidikan dan kurikulum saling berkaitan. Jika dianalogikan ke dalam diri manusia, kurikulum layaknya jantung dalam tubuh. Selama jantung masih berfungsi dengan baik, maka tubuh manusia tersebut akan tetap hidup. Sama halnya peranan kurikulum dalam pendidikan, apabila kurikulum berjalan dengan baik dan didukung oleh komponen-komponen yang juga berjalan dengan baik, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang baik.
Kurikulum akan berubah secara terus menerus dan berkelanjutan. Perubahan kurikulum yang terus menerus dan berkelanjutan, seharusnya juga diikuti dengan kesiapan untuk berubah dari seluruh pihak yang bersangkutan dengan pendidikan di Indonesia, hal ini dikarenakan kurikulum bersifat dinamis bukan statis. Jika kurikulum bersifat statis, maka kurikulum tersebut merupakan kurikulum yang tidak baik karena tidak menyesuaikan dengan perkembangan-perkembangan yang ada di zamannya. Kurikulum harus mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda secara individual, baik ditinjau dari segi waktu maupun kemampuan belajar. Oleh karena itu, dalam merumuskan suatu kurikulum harus mempertimbangkan banyak faktor yang nantinya akan menentukan proses lahirnya sebuah kurikulum.
Desain pembelajaran memegang peranan penting dalam pendidikan karena memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk proses pengajaran. Desain pembelajaran yang baik membantu pendidik dalam menyusun materi secara efektif dan efisien serta memastikan bahwa semua komponen penting dari proses pembelajaran dapat ditangani. Desain yang baik memungkinkan pendidik untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang spesifik dan relevan, menyesuaikan materi dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta mengintegrasikan berbagai metode pengajaran yang sesuai serta melakukan penilaian yang efektif.
Buku ini dihadirkan sebagai bahan referensi bagi praktisi, akademisi, guru, mahasiswa ataupun siapa saja yang ingin mendalami lebih jauh. Terbitnya buku ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para pembaca mengenai konsep model pembelajaran.
Bab yang dibahas dalam buku ini meliputi:
Bab 1 Konsep Dasar Kurikulum
Bab 2 Konsep Dasar Desain Pembelajaran
Bab 3 Teori Pembelajaran
Bab 4 Desain Instruksional
Bab 5 Model Desain Pembelajaran
Bab 6 Perencanaan Kurikulum
Bab 7 Tujuan Pembelajaran: Identifikasi Secara Spesifik dan Terukur
Bab 8 Tujuan Pembelajaran dengan Standar Kurikulum
Bab 9 Prioritas dan Fokus Pembelajaran
Bab 10 Struktur Kurikulum
Bab 11 Sumber Belajar
Bab 12 Strategi Pembelajaran Aktif
Bab 13 Pemanfaatan Teknologi Dan Desain Pembelajaran
Bab 14 Pengembangan Keterampilan Teknologi Bagi Guru dan Peserta Didik

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads