Pengembangan Alat Ukur Afektif dalam Pendidikan
December 19, 2023
Ibnu Hadjar

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pengembangan Alat Ukur Afektif dalam Pendidikan Image
Abstract

Ranah afektif merupakan aspek penting untuk keberhasilan pendidikan secara menyeluruh. Akan tetapi, dalam realitas pendidikan ranah ini belum mendapatkan perhatian yang memadai. Hal ini dapat terjadi karena kesalahan dalam memahami aspek afektif dan pengukurannya. Salah satu faktor yang Hal ini utamanya karean sulitnya mendapatkan sumber pustaka yang dapat dijadikan rujukan konseptual maupun metodologis yang memadai untuk dijadikan pijakannya dalam pengembanga alat ukurnya.
Buku ini ditulis untuk membantu pembaca dalam memahami konsep afektif dan bagaimana mengukurya. Karena itu, buku ini menyajikan pembahasan secara teoritis konsep afektif dengan berbagai karakteristiknya dan macam-macamnya. Selanjutnya, pembahasan difokuskan pada bagaimana mengukur ranah ini agar menghasilkan ukuran afektif yang akurat dan handal. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar hasilnya dapat mencerminkan realitas subjek pengukuran. Pembahasan juga dilengkapi dengan contoh pengembangannya sampai pada pengujian lapangan melalui ujicoba dan pengolahan datanya sehingga sampai pada hasil instrumen yang jelas kualitasnya.
Buku ini dipersembahkan untuk para mahasiswa pada jenjang sarjana, magister, maupun doktor yang bermaksud memahami dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu dalam ranah afektif. Secara praktis, buku ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan para guru, yang pada saat ini diharuskan melakukan pengukuran afektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Ajar Etikolegal dalam Pelayanan Kebidanan
Buku Ajar Etikolegal dalam Pelayanan Kebidanan Image
Teori Belajar
Teori Belajar Image
Marketing Underground
Marketing Underground Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads