Bimbingan Konseling bagi Anak di Sekolah Dasar
March 2, 2024
Rita Sari

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads
Bimbingan Konseling bagi Anak di Sekolah Dasar Image
Abstract

Bimbingan konseling adalah salah satu wadah dimana ada kegiatan proses melaksanakan pelayanan bimbingan yang diberikan oleh seorang konselor kepada klien yang mengalami permasalahan. Pelayanan bimbingan monseling yang diberikan bertujuan untuk membantu dan menolong klien yang sedang mengalami permasalahan sehingga dapat diberikan bantuan layanan untuk mengatasi permasalahannya sehingga dapat terselesaikan.
Bimbingan konseling yang diberikan bagi anak di sekolah dasar merupakan salah satu bagian tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh guru wali kelas kepada peserta didiknya. Guru kelas yang lebih memahami dan mengetahui segala sesuatu yang dialami dan dihadapi oleh anak didiknya sehingga segala permasalahan anak dapat dilakukan pembimbingan secara individu. Permasalahan yang akan dihadapi adalah permasalahn yang berkaitan dengan masalah pembelajaran sampai masalah pada sikap perilakunya, dengan harapan melalui pelayanan bimbingan konseling yang diberikan oleh guru kelas dapat menolong peserta didik untuk lebih mandiri dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Segala informasi terkait peserta didiknya diketahui oleh guru kelasnya dan informasi lainnya dapat diperoleh melalui aktifitas yang dilakukan anak di sekolah dan juga didalam kehidupan keluarga. Latar belakang keluarga juga menjadi acuan dalam melakukan pelayanan bimbingan konseling.
Anak-anak mampu melalui semua permasalahan yang dihadapi dengan bantuan guru kelas yang berperan sebagai konselor dan peserta didik sebagai klien sehingga ada hubungan kedekatan yang baik antara guru dan klien. Guru adalah orang yang sangat dekat dengan peserta didik sehingga anak tidak merasa ketakutan dalam proses pelayanan bimbingan karena sudah ada relasi diantara mereka.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Managing Quality In Tourism Business
Managing Quality In Tourism Business Image
Akuntansi Perkebunan Berdasarkan SAK Entitas Privat
Akuntansi Perkebunan Berdasarkan SAK Entitas Privat Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads