Langkah Strategis Program Penurunan Stunting
March 25, 2024
Lenny Nuraeni, Anita Anggraeni, Selvi Delia Widiantari

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Langkah Strategis Program Penurunan Stunting Image
Abstract

Buku ini mencoba membahas program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan intervensi penurunan stunting terhadap penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”. Untuk memperoleh gambaran lebih lanjut tentang Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan intervensi penurunan stunting terhadap penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Buku ini berisi mengenai kondisi stunting di Indonesia, Faktor Penyebab Stunting, Pemberdayaan Masyarakat, peranan sistem-sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam mengatasi stunting.
Kebijakan SPBE yang menyeluruh diarahkan untuk melibatkan semua pemangku kepentingan di dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan SPBE yang mencakup kebijakan makro, kebijakan meso, dan kebijakan mikro SPBE. Pemerintah dalam melakukan perumusan dan pelaksanaan kebijakan SPBE hendaknya berkoordinasi dengan Tim Koordinasi SPBE Daerah sehingga menciptakan kebijakan SPBE yang terpadu. Strategi untuk mencapai penguatan kebijakan SPBE yang menyeluruh dan terpadu adalah: 1) meningkatkan koordinasi antar instansi pemerintah daerah dan masyarakat di dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan SPBE; 2) melakukan harmonisasi kebijakan antara Tim Koordinasi SPBE Daerah dan pimpinan instansi;3) melakukan evaluasi penerapan kebijakan SPBE
Hasil Uji Empiris menyatakan bahwa pengaruh yang dihasilkan oleh program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan intervensi penurunan stunting melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bersifat positif. Hasil ini ditunjukan koefisien regresi yang positif. Hal ini memberikan arti bahwa perubahan atau kenaikan yang terjadi pada variabel program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan intervensi penurunan stunting dapat meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hubungan antara kedua variabel bersifat dependent dan signifikan. Artinya kemampuan penggunaan Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara nyata dipengaruhi oleh program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan intervensi penurunan stunting.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak
Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak Image
Serpihan Rindu (Kumpulan Puisi)
Serpihan Rindu (Kumpulan Puisi) Image
Pengantar MSDM Strategik: Inovasi dan Transformasi SDM
Pengantar MSDM Strategik: Inovasi dan Transformasi SDM Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads