Latihan Genggam Bola Karet pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) Post-Operasi AV Shunt Hemodialisis
July 4, 2024
Fety Septia Feronika, Lili Fajria, Emil Huriani

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Latihan Genggam Bola Karet pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) Post\u002DOperasi AV Shunt Hemodialisis Image
Abstract

Buku "Latihan Genggam Bola Karet pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) post-operasi AV-Shunt Hemodialisis” merupakan panduan praktis yang dirancang khusus untuk membantu pasien yang telah menjalani pemasangan AV shunt. AV shunt adalah prosedur medis penting yang sering kali digunakan untuk pasien dengan penyakit ginjal kronis yang memerlukan hemodialisis. Latihan genggam bola karet ini bertujuan untuk mendukung pemulihan pasien, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat otot-otot tangan.
Pada bagian pertama buku ini menjelaskan apa itu AV shunt, proses pemasangannya, serta fungsinya dalam tubuh. Pembaca akan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai manfaat AV shunt bagi pasien hemodialisis dan bagaimana perawatan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi. Pada bagian kedua, penulis mengulas manfaat spesifik dari latihan genggam bola karet untuk pasien dengan AV shunt. Latihan ini membantu meningkatkan aliran darah di sekitar area shunt, memperkuat otot-otot tangan dan lengan, serta meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan tangan. Manfaat-manfaat ini penting untuk mencegah masalah seperti pembekuan darah dan penyempitan pembuluh darah di sekitar shunt.

Pada bagian ketiga, akan menyajikan serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk pasien dengan AV shunt. Setiap latihan dijelaskan secara rinci, lengkap dengan ilustrasi dan instruksi langkah demi langkah. Latihan-latihan ini difokuskan pada peningkatan kekuatan dan fleksibilitas tangan tanpa memberikan tekanan berlebihan pada shunt. Program ini dirancang untuk memberikan rutinitas latihan yang berkelanjutan dan bertahap, memastikan pasien dapat melihat kemajuan yang signifikan dalam kekuatan dan fungsi tangan mereka dari waktu ke waktu.
Pada buku ini, penulis juga memberikan saran dan tips tambahan bagi pasien dan keluarga dalam menjalani proses rehabilitasi. Penulis menekankan pentingnya konsistensi dalam melakukan latihan, peran aktif dari keluarga dalam mendukung pasien, serta pentingnya konsultasi rutin dengan tenaga medis untuk memonitor perkembangan dan menyesuaikan latihan jika diperlukan. Harapannya dapat membantu mereka mencapai kualitas hidup yang lebih baik melalui latihan genggam bola karet.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Referensi Teori dan Praktik Inklusi dan Literasi Keuangan
Buku Referensi Teori dan Praktik Inklusi dan Literasi Keuangan Image
Etnopedagogik Mappaddekko dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Virtual Reality
Etnopedagogik Mappaddekko dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Virtual Reality Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads