Pustakawan Profesional dan Kompetitif di Era 5.0
June 26, 2024
Rhoni Rodin, Okky Rizkyantha, Moga Perdana

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pustakawan Profesional dan Kompetitif di Era 5.0 Image
Abstract

Menghadapi era 5.0 yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan transformasi digital, pustakawan perlu mengembangkan keterampilan dan karakteristik tertentu agar tetap profesional dan kompetitif. Dengan menggabungkan keterampilan dan karakteristik tersebut, pustakawan dapat menjadi profesional yang siap menghadapi perubahan dan memimpin perpustakaan menuju masa depan yang lebih digital dan terkoneksi dalam era 5.0.
Untuk mewujudkan pustakawan yang profesional dan kompetitif dalam menghadapi era 5.0, Pendidikan di bidang Ilmu Perpustakaan dapat mengadopsi berbagai strategi yang mencakup pengembangan keterampilan, penerapan teknologi terkini, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diimplementasikan: 1) Peningkatan Keterampilan dan Kompetensi; 2) Penerapan Teknologi Terkini; 3) Pengembangan Literasi Digital; 4) Kolaborasi Industri dan Riset; 5) Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; 6) Pelibatan Komunitas; dan 7) Pemantauan dan Evaluasi Terus Menerus, meliputi: Melakukan evaluasi rutin terhadap kurikulum dan program-program pelatihan untuk memastikan.
Buku sederhana yang diberi judul Pustakawan Profesional dan Kompetitif di Era 5.0 ini membahas tentang pustakawan profesional dan komptetitif. Selanjutnya membahas tentang pustakawan dan era 5.0. kemudian membahas bagaimana lembaga pendidikan ilmu perpustakaan bisa menghasilkan calon pustakawan di era 5.0.
Selanjunya, pembahasan yang tak kalah menarik adalah bagaimana upaya dan strategi yang akan dilakukan oleh pihak penyelenggara pendidikan perpustakaan sebagai upaya untuk menghasilkan para pustakawan yang profesional dan kompetitif di era 5.0. Sehingga mutu pustakawan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan ilmu pendidikan betul-betul sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam hal ini mulai dari proses untuk menghasilkan pustakawan yang profesional dan kompetitif itu harus menjadi perhatian yang serius dari mereka. Penyelenggaraan pendidikan tidak hanya sekedar proses untuk menghasilkan lulusan saja, akan tetapi lulusan yang bermutu dan berkualitas yang mempunyai jiwa dan semangat kompetitif di era 5.0 seperti sekarang ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Pengantar Akuntansi I
Pengantar Akuntansi I Image
Pengantar Ilmu Ekonomi
Pengantar Ilmu Ekonomi Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads