Pengantar Ilmu Pendidikan
July 15, 2024
Lisa Virdinarti Putra, Noor Laila Ramadhani

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pengantar Ilmu Pendidikan Image
Abstract

Pendidikan merupakan gejala semesta (fenomena universal) dan berlangsung sepanjang hayat manusia, dimanapun manusia berada. Dasar Pendidikan adalah landasan berpijak dan arah bagi Pendidikan sebagai wahana pengembangan manusia dan masyarakat. Walaupun Pendidikan itu universal, namun bagi suatu masyarakat, Pendidikan akan diselenggarakan berdasarkan filsafat dan/atau pandangan hidup serta berlangsung dalam latar belakang sosial budaya masyarakat tertentu. Secara faktual, kegiatan Pendidikan merupakan kegiatan antar manusia, oleh manusia dan untuk manusia. Itulah mengapa pembicaraan tentang Pendidikan tidak dapat dilepaskan dari pembicaraa tentang manusia. Dalam beberapa sumber pustaka dapat ditemukan berbagai rumusan tentang manusia. Manusia adalah makhluk yang pandai bertanya, bahkan ia mempertanyaakan dirinya sendiri, keberadaannya dan dunia seluruhnya.
Melalui Pendidikan, manusia yang menghuni dunia semesta ini tidak sekedar sebagai potensi demografikal tetapi secara makin sadar menunaikan tugas dan panggilan eksistensinya sebagai potensi kultural. Dalam posisi sadar eksistensinya sebagai kekuatan kultural itu, manusia pada umumnya dan pendidik (guru) khususnya, hendaknya selalu mengembangkan pemahaman terus menerus mengenai Pendidikan didalamnya.
Buku ini sangatlah cocok untuk para calon pendidik karena dalam buku ini terdapat materi yang sangat lengkap mengenai Pendidikan khususnya materi ilmu Pendidikan. Buku ini juga dapat dijadikan pegangan oleh para pendidik yang menginginkan ilmu lebih untuk referensi dalam mengajar. Sebagai seorang Penentu kebijakan dalam bidang Pendidikan, buku ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui lebih dalam mengenai ilmu Pendidikan sekaligus mengenai pendidik dan peserta didik agar kebijakan yang dihasilkan efisien.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads